Inilah Sejarah Toyota Kijang, Mobil Legendaris di Indonesia

RiderTua Mobil – Masyarakat Indonesia pasti sudah familiar dengan Toyota Kijang. Mobil ini sudah cukup lama hadir di Tanah Air hingga sekarang, dengan nama Kijang Innova. Lalu apa yang membuat Kijang sangat istimewa? Inilah sejarah Toyota Kijang, mobil legendaris di Indonesia.

Baca juga: Toyota Siapkan Line-Up Mobil Listrik di Indonesia

Inilah Sejarah Toyota Kijang, Mobil Legendaris di Indonesia

Nama Kijang sendiri merupakan kependekan dari ‘Kerjasama Indonesia-Jepang’. Kijang dibuat sebagai respon dari Toyota ketika di tahun 1970-an, pemerintah Indonesia ingin mengembangkan alat angkut serbaguna. Sehingga munculah Kijang sebagai BUV (basic utility vehicle).

Generasi pertama Kijang yang paling populer adalah pikap Kijang Buaya. Mobil jenis ini paling sering digunakan sebagai angkutan barang. Di generasi ketiga, Kijang tak lagi dikenal sebagai mobil pikap, tetapi mobil keluarga alias MPV.

Selama pengembangannya, TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) Kijang terus ditingkatkan agar bisa bersaing dengan model lainnya. Mobil ini terus dikembangkan, sebelum harus terhenti di generasi keempat.

Walaupun begitu, mobil ini masih terus diproduksi lewat Kijang Innova. Model ini lebih besar dan lebih baik dibanding Kijang sebelumnya. Sementara Avanza dibuat untuk menggantikan posisi Kijang karena dianggap lebih murah.

Meski tergantikan oleh Avanza dan mobil Toyota lainnya, pamor Kijang tidak pudar begitu saja. Mobil ini menjadi salah satu mobil legendaris bagi pasar otomotif Indonesia maupun masyarakat.

Referensi: Kompas.com (21/08/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply