Lagi, Honda Indonesia Lakukan Recall Airbag Takata

airbag

RiderTua Mobil – Permasalahan airbag Takata masih menjadi momok bagi produsen mobil. Hal ini lantaran diketahui airbag tersebut akan melukai pengemudi atau penumpangnya. Ketika mengembang saat terdeteksi tabrakan, serpihan tajam bisa ikut keluar juga. Lagi, Honda Indonesia lakukan recall airbag Takata.

Baca juga: Honda Masih Lanjut Recall Airbag Mobil di Indonesia

Lagi, Honda Indonesia Lakukan Recall Airbag Takata

Recall besar-besaran dilakukan oleh sejumlah produsen mobil. Mulai dari BMW, Chrysler, Ford, Honda, Mazda, Nissan, Toyota, Ferrari, dan masih banyak lagi. Jumlah mobil yang terdampak mencapai sekitar 34 juta unit di seluruh dunia.

Recall airbag kemudian sampai di Indonesia, dan hanya melibatkan ribuan mobil jika dibandingkan dengan negara lain yang bisa mencapai 200 ribu unit atau lebih. Walaupun begitu, perbaikan airbag harus dilakukan demi keselamatan pengemudi dan penumpang mobil.

Honda Prospect Motor kembali melakukan recall terhadap 7.330 unit mobil. Terdiri dari Honda Accord 2004, City 2004-2008, Civic 2001-2005, Jazz 2004-2008, serta Stream 2002-2016.

REUTERS/Rebecca Cook

HPM akan mengirim surat pemberitahuan kepada pemilik mobil yang kendaraannya bermasalah. Selanjutnya, pemilik akan membawa mobilnya untuk melakukan penggantian komponen airbag selama dua jam. Seperti biasanya, biaya recall ini sepenuhnya gratis.

Dampak recall airbag yang sangat parah ini membuat Takata Corporation bangkrut di tahun 2017. Karena perusahaan ini harus menanggung semua kerugian tersebut. Walau ‘diselamatkan’ oleh perusahaan Key Safety Systems, sepertinya Takata masih dihantui oleh masalah airbag tersebut.

Referensi: Liputan6.com (12/08/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply