Panas Nih, Adu Kencang Honda ADV 150 Vs Yamaha Aerox 155, Siapa Lemot ?

RiderTua Motor – Honda baru saja meluncurkan skutik terbarunya bernafaskan ‘adventure bike’ dengan judul Honda ADV 150. Dari tampilannya memang gagah dan ditunjang nama besar Honda cukup menyita perhatian penggemar roda dua tanah air. Adu Kencang Honda ADV 150 Vs Yamaha Aerox 155

Penulis pun sempat mencoba performa dan handling motor ini, khas Honda suara mesin halus, minim getaran nyaman dengan ban tapak lebar 130/70 – 13 M/C Tubeless membuat daya cengkeram saat dibuat meliuk enak. Stang lebar juga berpengaruh dengan handling motor.

Honda memang secara terang-terangan menciptakan ADV 150 sebagai Killer Nmax, walau dengan desain beda. Kali ini bukan dengan NMax, situs suara dot com merilis komparasi nyata performa Honda ADV dengan produk garputala yang lain, Yamaha Aerox.

Adu Kencang Honda ADV 150 Vs Yamaha Aerox 155

Dilansir media nasional itu ada warganet yang mempunyai kedua motor itu. Testimoni yang diberikannya cukup menarik. Hitungan performa diatas kertas memang Honda ADV 150cc dengan power 14.2 HP, sementara Yamaha Aerox 155cc dengan power 14.75 HP.. Torsi Yamaha 13.8 Nm sedang Honda 13,8 Nm namun Yamaha didapat dengan bukaan gas lebih rendah sudah dicapai 6250 rpm.. Akun FB Hawin Prastiyadji menjelaskan bahwa performa dari ADV 150 sepertinya kedodoran jika dibandingkan Yamaha Aerox.

“Tapi si Honda sudah ketinggalan saja dari bawah, padahal saya sudah mengegas mentok sampai bawah.” ujarnya.
Saat ditanya bagaimana istrinya membawa motor Yamaha Aerox, Hawin mengatakan bahwa sang istri saat itu tidak nge-gas motornya secara maksimal.

“Biasa saja, tiap hari juga segitu bawa motornya.” kata sang istri saat ditanya…
Lalu bagaimana komentar netizen dengan postingan tersebut ?.. Setelah pemilik akun itu menyimpulkan : “ADV BUKAN UNTUK GENERASI ‘MENDING'” pungkasnya dalam postingan tersebut.

“Dari dulu juga gitu kok. Antara Honda dan Yamaha . Untuk sekelas motor harian pasti kalah di tarikan awal apalagi tanjakan. Masalah irit? Ya Honda lah.” kata akun bernama Adrian.
“Dari berat sama kapasitas mesin juga beda bos. ADV berat, cc-nya juga beda haduhh.” kata akun Gilang Gumelar.

 


Sebagai tambahan info saja berat Honda ADV adalah 133 kg dan Yamaha Aerox adalah 117 kg … Tidak dicantumkan berat pengendara.. itulah yang membuat komparasi ini bisa dikata tidak mencerminkan kondisi yang setara.. Entah ini sindiran atau apa pemosting sebut kata ‘ONDA’ bermaksud bercanda atau apa… ??

Foto : dari abang goozir.com
sumber : suara.com(31/07/19)

4 Comments

  1. memcoba analisis, ada kemungkinan stelan pengapian motor baru keluar dealer kadang ada yang terlalu standar (kurang pas untuk turun di jalan). Pengalaman pribadi, bulan empat kemarin ambil verza 2019. Setelah motor datang, isi bensin full tank, pakai layaknya motor harian. Saya kaget, lemot amat, 80km/jam mentok, itu pun getaran mesin ampun deh. Kok gini amat? saya sampai cerita ke teman, gak penak, blas, jauh dengan gl Max karena pernah punya gl Max sebelum ganti matik bertahun-tahun. Setelah 500 km dengan perasaan sedikit ‘getun’ menyesal, motor saya bawa ke dealer untuk ganti oli pertama. Ditanya ada keluhan, saya hanya menjawab, “lampune kurang dangak”. Akhirnya motor sampai giliran servis, ternyata dilakukan penyetelan klep juga selain ganti oli. Selesai dari bengkel, penasaran saya bawa ke jalan raya, saya gas penuh spido menunjukkan angka 113km/jam. Lega rasanya, gak malu dengan vario. Mulanya sempat mikir, masak motor laki 150 cc kalah sama vario?
    Itulah sekelumit pengalaman pribadi pakai motor baru yang saya yakin tidak selalu begitu. Dalam kasus ADV di ngebel ini kayaknya seperti yang saya alami. Lihat saja spedo meter hanya 67 km/jam padahal katanya mentok gas.
    Sorry Pak RT, dowo…..

  2. Aerox lah yang unggul, so mungkin klo kita analisa HONDA ADV baru aja muncul, sedangkan AEroX lebih dulu, nah berjalannya waktu pasti ada problem kan di motornya, kalau aerox mungkin sudah banyak sekali perbaikan dengan banyaknya masukan2 dari rider2, namun untuk honda adv masih seumur jagung dan perlu banyak perbaikan juga…

  3. Sangat wajar jika aerox menang lawan adv.
    Pertama,aerox memang di set untuk matic racing.
    Kedua,aerox 4 valve. Ketiga,aerox lebih ringan. Ke empat,biasanya honda ngejar irit.

Leave a Reply