Motor Terbaik di MotoGP adalah Yamaha M1 ?

4
Ducati GP15 VS Honda RC213V VS Yamaha YZR-M1

Ducati GP15 VS Honda RC213V VS Yamaha YZR-M1

RiderTua MotoGP – Yamaha YZR-M1 adalah motor prototipe inline-4 yang dikembangkan oleh Yamaha Motor Company. Melihat sejarah lahirnya Yamaha M1 adalah motor yang diciptakan dengan keunggulan di sasis yang terkenal mudah dalam pengendalian sejak era GP 500cc. Sasis Yamaha jaman dulu terkenal dengan “superior handling”. Sehingga jika saat ini Yamaha terkenal motor yang paling ramah adalah kombinasi dari paket DNA Yamaha itu sendiri ( sasis dan mesin inline-4). Motor terbaik di MotoGP adalah Yamaha M1 ?

Motor Terbaik di MotoGP adalah Yamaha M1 ?

Fakta Johann Zarco

Johann Zarco adalah juara dunia Moto2 dua tahun berturut-turut, artinya dengan motor bagus dia bisa juara dunia. Saat naik kelas MotoGP dia dipersenjatai motor tim satelit Yamaha dan uniknya 2 kali berturut-turut dia peringkat 6 dunia

Bagaimana setelah Zarco pindah motor berkarakter liar V-4 KTM ? . Zarco, yang berpisah dari manajernya Laurent Fellon setahun yang lalu, mengakui bahwa dia sering stres selama sesi latihan MotoGP. Disaat dia harus menguji peralatan baru dan tidak bisa cepat. Dia mengeluh bahwa membalap dengan KTM sangat melelahkan, gaya balapnya yang lembut tidak membawanya ke kesuksesan dengan mesin V4 yang kuat itu. Seperti saat dia diatas motor Yamaha. Padahal ini adalah tahun ke-3 dia di kelas MotoGP…

Fakta Fabio Quartararo

Berikutnya adalah pembalap Fabio Quartararo. Dia bukan juara dunia moto2. Namun kesamaan dia dengan Zarco selaian sama-sama Prancisnya, gaya balap keduanya terkenal halus. Dan bisa dilihat di musim pertama baik Zarco dan Fabio bisa mencetak podium-2.

Apakah motor terbaik di MotoGP Yamaha M1 ?

Dari dua contoh diatas Zarco mengatakan mesin V4 “melelahkan”. Mungkin jika kita melihat bahwa di atas RC213V Marquez sering jatuh, motor itu juga melelahkan.. Bedanya Marc belum pernah naik Yamaha, motor termudah bagi pembalap baru sekalipun.

Apakah Yamaha M1 motor terbaik saat ini, melihat Zarco mengatakan “lelah” dengan motor KTM? .. Yamaha memang motor yang mudah dikendarai, sangat bagus buat Lorenzo-Zarco- Fabio dan tetap bagus bagi Rossi-Vinales -Morbidelli. Honda RC213V adalah motor bagus, yang kebetulan klop dengan Marquez dan bukan pembalap lainnya. KTM cocok dengan Espargaro bukan Zarco dan seterusnya… Jadi kesimpulannya ?

 

4 COMMENTS

  1. Motor terbaik adl motor yg bisa bawa ridernya juara dunia. Siapapun yg bisa nyalip marc di puncak itulah yg terbaik. Selama blm juara dunia, Ducati hanya dianggap motor paling cepat, yamaha motor plg rookie friendly, suzuki motor plg kuat corner speednya.

  2. motornya saja T yg terbaik, tpi sayangnya pembalapnya ‘BOSOK’ kabeh.. mirip ducata, motornya jozz sembalapnya pada melempem. klo honhon mah motor bosok, tapi sembalapnya yg ga ada lawan? coba sebutin 1 saja sembalap yg bisa ngalahin MM dlm 1 musim.. kalo ngalahin dalam 1 seri saja mah buaanyaaakk T. d sirkuit yg ga dia suka ,MM masih bisa nempel kaya perangko.. kalo d sirkuitnya MM mana ada yg nempel coba

  3. Terbaik dalam hal apa?? Semua punya kelebihan kekurangan, gk ada yg terbaik di semua sisi..

  4. klo dlm dunia kompetisi pasti (harus) ada gelar …. terbaik (termasuk motor). Yg ga ada itu motor yg sempurna

Leave a Reply