Modifikasi 2 Fungsi Tuas Rem Belakang Moto2 : Untuk Trek Lurus dan di Tengah Tikungan !

RiderTua MotoGP – Banyak pengendara sekarang menggunakan tuas rem belakang ‘tailormade’ atau dibuat dan dipasang khusus untuk penggunaan atau tujuan tertentu. Penampakan model tuas rem belakang ini tertangkap kamera oleh jurnalis pada motor Moto2 pembalap Marco Bezzechi (Red Bull KTM Tech 3) pada 5 Juli 2019 di seri GP Jerman. Modifikasi 2 fungsi tuas rem belakang Moto2 : untuk trek lurus dan di tengah tikungan !

Modifikasi 2 Fungsi Tuas Rem Belakang Moto2 : Untuk Trek Lurus dan di Tengah Tikungan !

Ubahan atau bisa disebut sebagai modifikasi mekanis minimalis ini adalah upaya gigih beberapa tim untuk menemukan ergonomi yang tepat saat bermanuver sembari menjalankan fungsi peralatan mereka. Dalam hal ini adalah fungsi pengereman motor. Dimana menurut info teknis dari jurnalis Mat Oxley untuk mendapatkan tambahan waktu seperseribu detik! . Memang secara angka terbilang kecil namun untuk mencapai waktu putaran ( lap time) tidak bersumber dari satu bagian saja. Dipadu dengan teknik balap dan kekuatan paket mesin semua itu akan jadi pembeda dengan kompetitor.

Trek Lurus dan di Tengah Tikungan

Satu hal yang menarik dari tuas rem modifikasi pada motor Moto2 Marco Bezzechi adalah tujuan dan fungsinya. Satu pijakan digunakan untuk pengereman di trek lurus, yang lain untuk pengereman di sudut tengah ( mid corner) saat motor berbelok. Tentunya kita bisa bayangkan bagaimana posisi duduk pembalap saat di trek lurus dan saat melalui tikungan.

Tampak dalam gambar modifikasi ini baru dilakukan di seri ke 9 Sachsenring, dimana sebelumnya motor Moto2 Marco Bezzechi masih memakai tuas rem yang belum diubah.

Be the first to comment

Leave a Reply