Akibat Ganti ‘Motor Cadangan’ Valentino Rossi Menjadi Lambat di Kualifikasi ?

0

RiderTua MotoGP – Valentino Rossi selalu memberikan pernyataan menarik dan menggelitik. Salah satu kalimatnya saat di GP Jerman adalah meng-analogikan motor dengan pacar, “Motormu lebih seperti pacarmu daripada ibumu. Ibumu selalu sama, selalu baik untukmu. Dengan pacarmu kamu kadang-kadang dalam kesulitan, kamu tidak pernah tahu di mana kamu akan berada.”… Akibat ganti ‘Motor Cadangan’ Valentino Rossi menjadi lambat di Kualifikasi


Rossi mengatakan hal itu setelah alami kecelakaan di Q1. Kemudian dia tidak memiliki kecepatan terbaiknya di Q2. Namun ada harapan positif karena dia merasa punya kecepatan balap (race-pace) yang bagus. Namun tetap saja Rossi harus berjuang keras dalam balapan Minggu karena harus mulai dari baris keempat ( pos-11).

Valentino Rossi mencatatkan waktu terbaik di Q1 dengan (1’20.933) mengalahkan Nakagami dan Dovizioso dengan jarak +0,1 detik. Namun di sesi Q2 dia tak mampu masuk 5 besar bahkan untuk menantang Nakagami dengan Honda-nya. Waktu yang dicatatkan Vale di Q2 adalah (1’21.137) jauh lebih lambat dari Q1. Jika dilihat catatan waktu secara keseluruhan waktu Rossi di Q1 harusnya masuk dalam 6 besar tercepat (agregat).

Akibat Ganti ‘Motor Cadangan’ Valentino Rossi Menjadi Lambat di Kualifikasi ?

Kemungkinan penurunan kecepatan adalah saat Rossi jatuh. Dia memakai motor M1 cadangan. Karena jarak antara Q1 dan Q2 hanya 10 menit berselang tidak cukup waktu untuk memperbaiki motornya yang rusak secara sempurna. Dengan kata lain motor kedua Rossi ” tidak sepenuhnya dipersenjatai” dengan set-up yang sudah mereka pakai di Q1. Apakah akibat ganti ‘Motor Cadangan’ Valentino Rossi menjadi lambat di Kualifikasi ?

Leave a Reply