[Insiden GP Catalunya] Lorenzo Dinyatakan Tak Bersalah – Bebas Hukuman – Kejadian Biasa !

RiderTua MotoGP – Perdebatan panjang akhirnya berakhir dengan keputusan bahwa insiden crash di kelas MotoGP Catalunya sebagai kejadian biasa dalam balapan. Meski demikian akan ada diskusi lanjutan secara tertutup di belakang layar. Seperti diberitakan sebelumnya kesalahan Juara Dunia MotoGP lima kali Jorge Lorenzo di tikungan-10 GP Barcelona menjadi penyebab jatuhnya Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.  Hasil dari keputusan komisioner FIM, Lorenzo dinyatakan tak bersalah – bebas hukuman – Kejadian Biasa !

Pembalap resmi Ducati yang kehilangan peluang besarnya dalam perburuan gelar dunia menuntut hukuman untuk Lorenzo demi keadilan… Maverick Vinales yang lebih keras lagi juga menuntut hal yang sama…Hukum berat… ! Sementara sebaliknya Valentino Rossi lebih pemaaf.

Lorenzo Dinyatakan Tak Bersalah – Bebas Hukuman – Kejadian Biasa !

Dengan pertimbangan sebagai kejadian yang biasa dalam balapan Jorge Lorenzo tidak akan dihukum oleh komisioner FIM. Jorge Lorenzo kehilangan kendali atas motor Honda-nya di T-10 pada lap ke-2 GP Catalan. Motornya selip dan meluncur mengenai Dovi menyeret Vinales dan berefek pada Valentino Rossi yang tidak dapat menghindari motor Lorenzo yang tergelincir, setelah dengan kecepatan penuh menyalip Petrucci.

Keputusan itu berkaitan dengan aturan pada paragraf 1.21.2 ‘MotoGP Sporting Regulations’. Yang menyebutkan:  “Pembalap harus mengendarai dengan cara yang bertanggung jawab agar tidak membahayakan peserta lain, baik di lintasan maupun di pit lane, dan setiap pelanggaran aturan ini dapat dihukum oleh marshal. FIM MotoGP.”

Artinya Lorenzo tidak memenuhi unsur pelanggaran dalam aturan itu… Tiga Komisaris FIM di Barcelona, ​​juara dunia 3 kali, Freddie Spencer (AS), Bill Cumbow (AS) dan Ralph Bonhorst (Jerman). Memutus bebas dalam kasus Lorenzo. Dengan demikian, kecelakaan yang menjadi penyebabnya secara resmi dinyatakan sebagai sebuah ‘fakta balapan yang biasa’. Dan hasil akhirnya dia tidak akan dikenakan sanksi.

1 Comment

Leave a Reply