Ini ‘Segudang’ Alasan Penyebab Valentino Rossi Start Ke-18 di Mugello !

RiderTua MotoGP –  Start terburuk terakhir Valentino Rossi dari posisi 18 adalah seri Assen 2006. Setelah 13 tahun kejadian itu terulang lagi. Valentino Rossi menjadi pembalap Yamaha terburuk di akhir kualifikasi. Dia berjuang untuk menemukan set-up yang tepat untuk M1-nya, menderita cengkeraman ban belakang. Dan ini ‘segudang’ alasan penyebab Valentino Rossi start ke-18 di Mugello..

Anehnya Rossi merasa kecepatan balap ( race pace) nya bagus pada hari Sabtu dalam kualifikasi. Terutama pada hari Sabtu pagi di FP3 dia tidak terlalu buruk.

Ini ‘Segudang’ Alasan Penyebab Valentino Rossi Start Ke-18 di Mugello

  1. Suhu tinggi di sore hari menyebabkan cengkeraman menurun drastis. Rossi menderita lebih banyak di sore hari dibanding Dovizioso dan Pirro.
  2. Rossi menunggu Rins di lap terakhir, tetapi ternyata dia tidak turun. Sehingga waktu Rossi terbuang dan Rossi turun di barisan belakang saat melakukan putaran penentuan.
  3. Kesulitan dalam menemukan setup dan waktu tidak cukup ..
  4. Masalah akselerasi motornya di tikungan yang berbeda dengan motor Yamaha lainnya.
  5. Melakukan kesalahan di tikungan terakhir (T5) di Q1 membuatnya gagal menyelesaikan catatan waktu “Lap Time” penentuan terakhir. Di tikungan Biondetti motor Rossi alami guncangan besar di gigi keempat dan ketika dia tiba di tikungan terakhir lakukan kesalahan dalam pengereman…
  6. Menggunakan ban bekas yang ternyata lebih bermasalah dibandingkan pagi harinya( ban baru pagi hari juga buruk 0,47 detik lebih lambat)

Valentino Rossi tidak berusaha mencari alasan dan tahu bahwa balapan Minggu akan sulit. Meskipun dia start dari posisi 18 ( dari 23 rider) kecepatan balapannya ( race pace) lebih baik… Namun kendala start dari belakang adalah terhalang pembalap lain yang lambat dan risiko tabrakan karambol (senggolan) dengan rider lain sangat besar..

Be the first to comment

Leave a Reply