Renault dan Rencana Membawa Mobil LMPV di Indonesia

RiderTua Mobil – Tahun ini, Renault berencana untuk membawa mobil low MPV ke Indonesia. Mobil LMPV tersebut diyakini adalah Renault Triber. Mobil ini akan diluncurkan terlebih dahulu di India pada tanggal 19 Juni mendatang. Renault dan rencana membawa mobil LMPV di Indonesia.

Baca juga: Mobil Keluarga Renault akan Segera Meluncur di Indonesia

Renault-showroom-Surabaya

Renault dan Rencana Membawa Mobil LMPV di Indonesia

Setelah diluncurkan di India, barulah Indonesia yang akan menjadi negara selanjutnya. Namun, Maxindo Renault Indonesia belum mau memberi penjelasan lebih lanjut mengenai informasi Triber sampai peluncurannya nanti.

Tetapi, karena dijual di Indonesia, apakah Triber bisa diproduksi dalam negeri? Renault masih belum memikirkan sampai sejauh itu. Walau Renault mengakui kalau menjual mobil tanpa dirakit secara lokal akan sulit bersaing dengan model lainnya.

Jika dilihat, segmen LMPV memang cukup ketat persaingannya. Sudah banyak model LMPV yang CKD/dirakit lokal. Jadi harga jualnya tidak semahal model CBU atau impor.

aliansi-renault-nissan-mitsubishi
(foto: News Okezone.com)
aliansi-renault-nissan-mitsubishi

Untuk bisa memproduksi Triber secara lokal, Renault bisa memanfaatkan hubungan aliansi ‘tiga sekawan’. Terdiri dari Nissan, Renault, dan Mitsubishi. Nanti salah satu dari mereka akan membantu Renault untuk menyuplai mesin atau produksi mobil.

Triber dibuat dari platform Kwid. Namun dibuat lebih besar agar ruang kabin semakin luas. Mesin yang digunakan yaitu mesin 1.0 liter tiga-silinder dari Kwid.

Referensi: DetikOto (31/05/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply