Rossi Lempar Handuk ? Mesin Yamaha Disegel Tak Bisa Utak-Atik Mesin Untuk Tingkatkan Top Speed !!!


RiderTua MotoGP – GP Prancis usai, kini para pembalap dan tim persiapkan diri untuk sambut seri Italia di Mugello. Sebuah lintasan dengan trek lurus terpanjang kedua setelah Amerika dalam kalender MotoGP. Makanan empuk bagi skuad tim merah dengan senjata monster Desmosedici-nya. Tim Honda juga tidak begitu terbebani karena tahun ini mereka sudah meningkat dalam kecepatan RC213V. Yang menangis kali ini kubu Yamaha dan pembalap Valentino Rossi. Pertama terbebani karena Italia merupakan markas penggemarnya, dia akan putus asa untuk naik podium minggu depan. Walau tahun lalu berhasil naik podium tiga, tahun ini akan sulit. Apakah Rossi lempar handuk ? Karena mesin Yamaha disegel tak bisa utak-atik mesin untuk tingkatkan top speed

Mesin Yamaha Disegel Tak Bisa Utak-Atik Mesin Untuk Tingkatkan Top Speed

Valentino Rossi berujar tentang kekurangan M1 tahun ini. Yamaha-nya dibanding musim lalu justru tertinggal jauh dalam hal top speed. Dimana ini  kemungkinan besar akan menyebabkan masalah serius di balapan rumahnya…

“Saya rasa kita tidak bisa banyak berkembang tahun ini. Pabrikan lain telah membuat langkah lain pada trek lurus, terutama Honda, dan sekarang perbedaannya sangat besar. Ini adalah situasinya, jadi kita harus memberikan yang terbaik berjuang untuk podium.”

Di seri GP Prancis Yamaha Rossi keteteran di trek lurus… Hal ini diungkapkan Rossi setelah bertarung dengan Danilo Petrucci dan Jack Miller (Ducati ) di Le Mans. Menurut Rossi top speed Yamaha sangat jauh dibandingkan Ducati, mereka  jauh lebih cepat di trek lurus, yang membuatnya sulit untuk overtake. Masalah terbesar bagi Yamaha adalah bahwa para insinyurnya tidak dapat melakukan apa pun untuk utak- atik kecepatan YZR-M1 karena semua mesin disegel pada malam menjelang balapan pertama Qatar.

Fakta sejarah menunjukkan (filosofi) Yamaha tidak pernah membangun sebuah motor MotoGP dengan fokus pada top speed. Secara historis, para pembalapnya di masa lalu memenangkan balapan dengan menggunakan kemampuan motor yang lembut dan ramah dengan pembalap. Andalkan cornering speed atau kecepatan di tikungan. Rossi memenangkan kemenangan terakhirnya di Mugello kendati dia lebih lambat top speed dibanding lawan sebesar 3,2 kpj.

Rossi Lempar Handuk ?

Namun, MotoGP sangat beda saat ini. Perbedaan performa sangat tipis, kelebihan motor di tikungan hampir dipunyai oleh lawan Yamaha. Sehingga bahkan sedikit kekurangan performa di trek lurus harus dibayar mahal. Dan Yamaha M1 2019 Rossi justru jauh lebih lambat saat ini dibanding lawan.

Tahun lalu di Amerika Yamaha Rossi lebih lambat 5,5 kpj dari kecepatan motor tercepat. Tahun ini justru melambat lagi menjadi 7,2 kpj. Kerugian Yamaha untuk imbangi defisit kecepatan adalah : akan mengurangi pemakaian rem dan cenderung mencoba untuk mengkompensasi defisit itu dengan memasuki tikungan dengan lebih agresif, sehingga kondisi keausan ban akan menurun lebih cepat…! Apakah Rossi lempar handuk di Mugello ?

Be the first to comment

Leave a Reply