Teknologi Otonom dari Nissan Ini Hanya ‘Berlaku’ di Jepang

RiderTua Mobil – Setelah melalui tahap pengembangan dan pengujian, akhirnya Nissan mengumumkan versi terbaru untuk teknologi ProPilot. Teknologi ini merupakan teknologi otonom yang terpasang pada mobil Nissan. Teknologi otonom dari Nissan ini hanya ‘berlaku’ di Jepang.

Baca juga: Nissan Livina Jadi Bintang di IIMS 2019

Teknologi Otonom dari Nissan Ini Hanya ‘Berlaku’ di Jepang

Sama seperti teknologi otonom lainnya, ProPilot diprogram untuk menjalankan mobil sendiri tanpa supir. Mobil Nissan yang dibekali ProPilot biasanya memiliki serangkaian teknologi pendukung yang canggih.

Sepertinya cukup menarik untuk dinanti. Namun sayangnya bagi konsumen Nissan di luar Jepang harus gigit jari. Karena teknolgi ProPilot hanya disediakan pada mobil Nissan yang dijual di Jepang saja.

ProPilot versi terbaru sudah meningkatkan kemampuan program untuk menjaga mobil tetap di jalan dan jarak yang ditetapkan. Nissan mengandalkan data peta definisi tinggi, serta dengan input dari kamera dan sensor mobil agar ProPilot bisa bekerja maksimal.

(Foto: Motor1.com)

Lalu, ProPilot mampu menentukan adanya ruang untuk dilewati saat menemui kendaraan yang melaju lebih lambat. Saat itu terjadi, maka sistem akan memberi peringatan dan pengemudi langsung menyetir secara manual.

Sebenarnya ProPilot juga dipasang pada Infiniti Q50 dan dijual di Amerika Serikat. Tetapi tidak sampai ke negara lainnya termasuk Indonesia. Mungkin karena negara lain belum siap menyembut teknologi otonom, atau memang inisatif dari Nissan itu sendiri.

Referensi: DetikOto (21/05/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply