Xpander dan Livina Ternyata ‘Lahir’ di Pabrik yang Sama

RiderTua Mobil – Sekitar tiga bulan yang lalu, Nissan memperbarui LMPV andalannya, Livina. Pembaruan tersebut benar-benar mengubah penampilan mobil ini. Dan banyak yang menyebut kalau penampilannya kini mirip dengan Mitsubishi Xpander. Xpander dan Livina ternyata ‘lahir’ di pabrik yang sama.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Limited Laris Manis di IIMS 2019

Xpander dan Livina Ternyata ‘Lahir’ di Pabrik yang Sama

Tak hanya membawa kemiripan pada penampilan, Livina dan Xpander diproduksi di pabrik yang sama. Itu artinya, Mitsubishi harus memproduksi dua mobil ini. Livina yang sudah selesai diproduksi akan dikirim ke Nissan.

Lalu apakah Mitsubishi merasa terganggu jika sedang memproduksi ‘mobil kembar’? Tentu tidak. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan bahwa Livina sudah memiliki porsi produksinya sendiri. Dengan kata lain, keduanya diproduksi secara terpisah dalam satu pabrik.

Sementara itu, Xpander diproduksi sekitar 10 ribu unit per bulannya. 70 persen dibuat untuk pasar domestik dan sisanya untuk pasar luar negeri. Xpander juga mencatatkan 100 ribu unit terjual dalam waktu 18 bulan saja. Lalu penjualan Livina kembali membaik setelah facelift.

Memang ini bukan pertama kalinya yang terjadi dalam industri otomotif. Rival sekelasnya yang juga mobil kembar, Avanza-Xenia, diproduksi oleh Daihatsu. Avanza yang sudah diproduksi akan dikirim ke Toyota untuk dijual.

Referensi: DetikOto (18/05/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply