[MotoGP-Tech] Apa Itu Traction Control, Siapa yang Pakai Pertama Kali di MotoGP ?


RiderTua MotoGP – Sebagian dari pembaca tentunya sudah tahu apa itu Traction Control, atau paling tidak pernah mendengarnya. Motor MotoGP modern pastinya perlu sekali perangkat ini demi memuluskan motor mereka saat mulai start. Mencegah roda spin dan melesat dari garis start dengan sempurna. Traction Control salah satunya bekerja dengan membatasi power pada roda belakang. Sensor pada sepeda motor memberikan informasi ke unit kontrol dan memutuskan apakah akan mengaktifkan kontrol traksi atau tidak.

Apa Itu Traction Control ?

Traksi adalah : gaya gesek maksimum yang bisa dihasilkan antara dua permukaan tanpa mengalami slip. Kunci dari Traction Control menjaga agar sepeda motor terus memiliki traksi yang optimal dalam berbagai situasi. Baik saat motor mulai start, motor miring maksimum saat cornering, motor tegak ngebut pada trek lurus, keluar tikungan di sudut tertentu dll. Jika sensor mendeteksi putaran roda belakang melebihi batas tertentu yang ditetapkan, unit kontrol akan memutus power motor. Tindakan perintah ECU adalah dengan mengurangi gas, mentransmisikan kembali atau mematikan pengapian dalam silinder.

Berikut Video apa itu Traction Control !

Traction Control membantu motor saat akselerasi, pengereman, dan mengarahkan motor dengan benar dan efisien, yang membuat berkendara lebih aman dan lebih mudah. Ini sangat berguna saat berkendara di atas permukaan yang licin, karena dapat membantu mempertahankan cengkeraman yang cukup untuk membantu motor tetap berada di jalurnya sambil meningkatkan kecepatannya.. pintar !
Sistem Traction Control Motor (TSC) menggunakan sensor kecepatan roda untuk mengukur kecepatan putaran roda. Jika satu roda berputar lebih cepat daripada yang lain, akan mudah kehilangan kendali. Maka dengan cepat ketika sensor menangkap perbedaan dalam kecepatan ini, sistem Traction Control mengaktifkan rem untuk mengurangi kecepatan roda itu sehingga melambat sejalan dengan kecepatan roda lainnya. Ini membatasi kemungkinan motor selip ( skid) atau geser (sliding) dari jalan atau track yang semestinya.

Yang Pertama pakai Traction Control pada Sepeda Motor Produksi massal

Untuk motor yang diproduksi massal Traction Control dipakai pada sepeda motor produksi pertama kali muncul pada varian BMW K1 pada tahun 1988. HONDA memakai fitur Traction Control bersamaan dengan fitur ABS( Anti-lock Braking System) pada varian Honda ST1100 pada tahun 1992. Pada 2009, Traction Control menjadi fitur opsional ( tidak semua) untuk motor Ducati. Kemudian ada Kawasaki tahun 2010 dengan produk Kawasaki Concours 14 (1400GTR)..  Jadi untuk motor harian urutannya adalah BMW- Honda – Ducati-Kawasaki .. dan kini pabrikan lainnya mengikuti.. (link.springer.com, 17/12/08)

Traction Control

Siapa yang Pakai Pertama Kali di MotoGP ?

Penggunaan Traction Control di MotoGP mengurangi kejadian pembalap terlempar dari motornya (highside).

  1. Honda RC211V ( tahun 2002) yang dikendarai Valentino Rossi belum memakai Traction Control, baru pada 2003 Traction Control diaplikasikan. (bennetts.co.uk)
  2. Yamaha masih belum percaya peran Traction Control pada Yamaha M1 ( 2001). Dengan sekitar 200 tenaga kuda YZR-M1, tidak butuh sistem kontrol traksi. Baru untuk YZR-M 2004 Yamaha fokus pada traction control. crash.net(14/05/01)
  3. Tim Ducati MotoGP memakai Traction Control pada seri Desmosedici GP7( 2007) dimana untuk GP8 (2008) versi TC yang dipakai sama dengan motor versi jalan raya superbike 1098 R (8-level TC) ..  (newatlas.com, 11/01/08)

Be the first to comment

Leave a Reply