Guy Coulon : Honda Tanpa Marquez Masuk Grup Motor ‘MID-PACK’, Apa Itu ?


RiderTua MotoGP – Siapa Guy Coulon ? Dia saat ini menjabat sebagai technical manager dari tim Red Bull KTM Tech3. Bersama Bernard Martignac dia dipercaya Herve Poncharal mendirikan Tim satelit Yamaha Tech3 yang berbasis di Prancis. Tim ini turun di kelas 250cc pada 1990 kolaborasi dengan Honda dan Suzuki beralih ke Yamaha dan terakhir digaet KTM MotoGP. Tim ini sudah memakai beberap pembalap terkenal seperti Marco Melandri, Norick Abe, Toni Elias, Colin Edwards, Ben Spies, Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso. Salah satu komentar terkini-nya yang menarik adalah Honda tanpa Marquez masuk grup motor ‘MID-PACK’….

Apa itu ‘MID-PACK’ ?

Apa itu ‘MID-PACK’, dalam istilah balapan motor atau pembalap dibagi menjadi 3 bagian, grup pertama adalah kelompok yang cepat di barisan depan, grup kedua disebut MID-PACK dengan kecepatan yang kurang lebih sama atau performanya rata-rata, dan yang terakhir adalah kelompok yang tertinggal jauh di belakang…

Honda Tanpa Marquez Masuk Grup Motor ‘MID-PACK’

Menurut Guy Coulon jika mengamati hasil GP Jerez. Kita akan temukan diatas 10 detik pertama ada Suzuki, Yamaha, Ducati, dan Honda (Marquez) di kelompok tercepat. Kemudian di kelompok tengah ( MID-PACK) sepuluh detik berikutnya ada kelompok motor Honda ( Cal, Nakagami, Bradl dan Lorenzo). …wow ada 4 motor Honda dengan kecepatan yang kurang lebih sama atau performanya rata-rata !

Bagi banyak orang, Honda adalah motor yang sangat baik. Tetapi jika tidak ada Marquez di atasnya. Maka fakta di seri Spanyol menunjukkan bahwa motor ini masuk dalam kelompok motor mid-pack. Memang ada usaha keras dari Cal Crutchlow, yang sudah 5 tahun belajar motor Honda, dan berusaha keras seperti Márquez. Dan faktanya memang Honda tanpa Marquez masuk Grup Motor ‘MID-PACK’

Menurut Guy Coulon Honda bukanlah motor yang mudah. ​​Suzuki dan Yamaha adalah motor 4 silinder segaris ( inline-4). Yang merupakan motor terbaik di grid, karena 4 silinder segaris adalah mesin terbaik untuk membuat motor MotoGP yang ideal, meracik motor MotoGP akan lebih mudah! Dengan mesin V4, itu sangat sangat rumit! Seperti dalam hal karakter motor, dan dalam pengaturan elemen dan berat motor. Jadi gimana bro..Faktor motor atau pembalapnya atau dua-duanya karena memang pengembangan RCV sesuai dengan kemauan dan gaya Marquez..? silakan simpulkan sendiri melalui kolom komentar, monggo..

2 Comments

  1. tuh dengerin, markez juara bukan krn motornya yg hebat tp adaptasi marc thd motor yg awesam

  2. Kebetulan sembalap sama motor cocok 😂 dan kebetulan motor itu gk mudah bagi banyak sembalap lain 😂😂

Leave a Reply