Suzuki Ertiga Mendapat Mesin Diesel Baru

Suzuki-Ertiga-Diesel-Hybrid
Suzuki-Ertiga-Diesel-Hybrid

RiderTua Mobil – Ertiga baru mendapat facelift setahun lalu. Namun konsumen merasa ada yang kurang dari LMPV Suzuki ini. Yaitu facelift ini tidak diikutsertakan dengan varian diesel. Suzuki Ertiga mendapat mesin diesel baru.

Baca juga: Ertiga Masih Menjadi Tulang Punggung Penjualan Suzuki di IIMS 2019

Suzuki Ertiga Mendapat Mesin Diesel Baru

Sementara itu di India, Maruti Suzuki sudah mengganti mesin diesel Ertiga dengan yang baru. Kini Ertiga mengusung mesin diesel berkapasitas 1.5 liter. Sebelumnya hanya 1.3 liter.

Mesin diesel 1.5 liter ini dikembangkan sendiri oleh Maruti Suzuki. Tidak lagi menggunakan mesin dari Fiat Multijet D13A. Dikabarkan mesin jenis lama ini sudah tidak dijual lagi.

Mesin yang terbaru memiliki struktur yang sama dengan mesin diesel 2-silinder pada Celerio. Dengan panjang bore 77 mm dan stroke 80,5 mm, kubikasinya ditambah menjadi 1.489 cc (1.500). Struktur blok silinder dibuat dari aluminium sehingga lebih ringan dari mesin 1.3 Multijet.

Maruti Suzuki menyebut bahwa mesin ini lebih unggul dari sebelumnya. Memang ada banyak rombakan untuk mesin terbaru tersebut. Mulai dari ruang pembakaran, katup mesin, intake, exhaust manifold, sampai dual-mass flywheel. Dengan begitu, Ertiga Diesel di India memiliki spek mesin yang berbeda dengan di Indonesia, yang menggunakan mild-hybrid.

Pengerjaan mesin baru ini dikatakan berjalan cukup lama. Apalagi Maruti Suzuki bimbang untuk melakukan pengembangan mesin diesel baru sejak negara lain mulai meninggalkan mesin ini. Walaupun begitu, Maruti Suzuki tetap menggarapnya, meski mengetahui peminatnya bisa menurun suatu saat nanti.

Sumber: Liputan6.com (08/05/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply