Karena ‘Trik Kecil’ Ini Performa Yamaha Valentino Rossi Meningkat Tahun Ini

RiderTua MotoGP – Valentino Rossi saat ini terlihat dengan optimis sambut seri Jerez. Perubahan kecil pada M1 membuat beberapa kemajuan dibandingkan tahun lalu. Austin memang sedikit kurang memuaskan bagi Valentino Rossi karena gagal menjadi juara disana. Namun dibandingkan tahun lalu jelas ada peningkatan. Bahkan selama tes musim dingin hampir tidak ada yang berani bertaruh pada kemungkinan kemenangan gelar juara dunia kesepuluh The Doctor. . Sekarang orang mulai berharap, karena tidak hanya teknisi Iwata yang mampu memberikan beberapa jawaban untuk masalah tersebut. Rossi telah menunjukkan bahwa dia masih memiliki kemampuan untuk menjadi juara. Rossi dapat berjuang untuk mencapai puncak setiap akhir pekan. Tetapi apa yang telah berubah sejak musim 2018 pada motor Rossi?.. Ternyata karena ‘Trik Kecil’ ini performa Yamaha Valentino Rossi meningkat tahun ini

Karena ‘Trik Kecil’ Ini Performa Yamaha Valentino Rossi Meningkat Tahun Ini

memang tidak ada revolusi atau perubahan besar-besaran. Hanya trik kecil saja. Tiga balapan pertama dan tempat ke-2 di klasemen pembalap salah satu indikatornya. Namun angka-angka menunjukkan bahwa Valentino Rossi dan M1 lebih cepat daripada pada awal musim 2017 dan 2018. Apa saja perubahan itu ..?

  1. Perubahan keseimbangan berat motor baru M1, meningkatkan beban dinamis di bagian belakang motor. Dampaknya adalah meningkatkan cengkeraman ban belakang. Kondisi ini membuat perubahan baik saat pengereman maupun saat menikung.
  2. Tambahkan departemen elektronik baru yang dipimpin oleh Michele Gadda, yang berada di trek atau di markas Yamaha…
  3. Filosofi baru yang didengungkan oleh pemimpin proyek baru Takahiro Sumi.
  4. Mesin M1 2019 tidak mendapat tambahan power secara maksimum, tetapi perubahan pada crankshaft telah memungkinkan untuk mengambil keuntungan lebih banyak saat memasuki dan keluar dari tikungan.
  5. Tim Yamaha fokus pada perbaikan kinerja rem mesin (engine brake), pada akselerasi dan pada kelancaran mesin.

Namun kenapa semua itu masih belum membuat Yamaha Rossi mendominasi..? jawabnya adalah… Sulit jika Marc Marquez masih bisa pertahankan performa tahun lalu. Berikutnya adalah kecepatan Yamaha masih lambat di trek lurus dan upaya tim berikutnya adalah meningkatkannya melalui aerodinamika dan elektronik.

1 Comment

Leave a Reply