Yamaha MT-09 Dirombak Menjadi Turbocharged Twin

RiderTua Motor – Tidak mau kalah dengan saudara Jepangnya (  Suzuki Recursion Turbocharged ). Yamaha mengembangkan mesin Turbocharged dengan mesin kembar berbasis Yamaha MT-09. Namun jika Yamaha MT-09 yang bermesin tiga silinder, 847cc kok bisa jadi Twin (dua).? .. Yamaha MT-09 dirombak menjadi turbocharged twin

Desain Yamaha, berdasarkan pada arsitektur mesin MT-09, juga memiliki fitur kepala DOHC, dan kemungkinan dengan melepas satu silinder dan sepertiga dari kapasitas MT-09 dan menambahkan turbo sebagai gantinya, hasilnya akan menjadikan mesin dengan tingkat performa yang sama dengan standar MT-09, sambil memberikan perbaikan penting dalam ekonomi bbm dan emisi.

Tujuan Yamaha patentkan desain ini adalah karena turbocharging dan supercharging. Selama beberapa tahun terakhir hadir berkat pengetatan peraturan emisi di seluruh dunia. Membuat para insinyur berupaya untuk mendapatkan lebih banyak power dari mesin yang lebih kecil. Memberikan keiritan dan emisi yang lebih baik.
Di masa lalu, turbo telah menimbulkan masalah dalam hal “turbo lag” namun kini elektronik modern dapat menghilangkan masalah itu.

*Turbo Lag adalah jeda waktu yang dibutuhkan saat buka gas hingga mesin mulai merespon dengan memberikan tenaga tambahan

Be the first to comment

Leave a Reply