Akibat Tersedot Angin ‘Slipstream’ Valentino Rossi Pembalap Honda Ini Tersungkur !


RiderTua MotoGP – Akibat Tersedot Angin ‘Slipstream’ Valentino Rossi Pembalap Honda Ini Tersungkur. Slipstream adalah manuver dari pembalap yang mengikuti pembalap didepannya demi mendapatkan sebuah keuntungan aerodinamika. Motor balap yang melaju dengan kecepatan tinggi akan mempunyai efek turbulensi pada area dibelakangnya, yang memiliki tekanan lebih rendah dibanding area sekitarnya.. Teknik slipstreaming ini juga disebut mencuri angin. Keuntungan berada di area slipstream adalah hambatan udara minim, motor seperti mendapat tambahan power, ban lebih awet, dan konsumsi bahan bakar berkurang.. Namun ada pula kerugian teknik Slipstream dalam balap..

Kerugian Teknik Slipstream dalam Balap

Dengan kondisi ini seolah motor akan tersedot oleh turbulensi motor lawan di depan.. Apakah ada kerugiannya..? Tentu ada positif negatifnya..

  1. Kerugian Slipstream adalah daya cengkram ( grip)motor ke aspal akan berkurang apalagi motor dengan winglet.
  2. Dampak lanjutannya adalah ban akan sering terangkat “motor terbang” sehingga terjadi overrev (putaran mesin terlalu tinggi) yang membuat mesin bisa jebol. ( Mesin Rossi jebol di GP Italia 2016 akibat sering slipstream di belakang Lorenzo).
  3. Selain itu efek pendinginan mesin akan terganggu karena udara yang abnormal di ruang bertekanan lebih rendah dan terlalu panas.
  4. Motor tidak bisa menikung dan mengganggu sistim pengereman. Pembalap harus menekan rem lebih keras, dan lebih lama.

Akibat Tersedot Angin ‘Slipstream’ Valentino Rossi Pembalap Honda Ini Tersungkur

Jika kita melihat kasus jatuhnya pembalap Honda Cal Crutchlow ( motor spek resmi Honda HRC). Nomor 4 adalah kejadian yang dialami Cal Crutchlow. Dia tidak mendapatkan efek pengereman mesin yang optimal ( deselerasi).  pembalap Honda itu merasakan masalah dengan pengereman dan tidak melambat. Itulah sebabnya kita melihat dia keluar dari zona slipstream, terutama di tikungan 12 dan T- 1. Dengan kata lain kesedot angin Valentino Rossi keseimbangan motor Honda Crutchlow kacau…

Be the first to comment

Leave a Reply