Mengintip Awal Sejarah Kendaraan Listrik di Dunia

RiderTua Mobil – Kendaraan listrik sudah menjadi tren otomotif di seluruh dunia. Produsen mobil di seluruh dunia berlomba-lomba membuat kendaraan listrik terbaiknya. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari listrik murni sampai hybrid. Mengintip awal sejarah kendaraan listrik di dunia.

Baca juga: Honda akan Tutup Pabrik di Turki Demi Kendaraan Listrik
(Foto: Carvaganza.com)

Mengintip Awal Sejarah Kendaraan Listrik di Dunia

Mungkin ada yang tidak menyangka kalau kendaraan listrik sudah ada selama 100 tahun. Dalam catatan sejarah otomotif, pernah ada perusahaan taksi Detroit, AS, mengoperasikan hampir 100 unit taksi listrik di tahun 1914.

Saat itu, bentuk mobil listrik tidak seperti sekarang. Bentuknya menyerupai boks telepon yang biasanya dulu ditemukan di pinggir jalan. Bahkan motor penggeraknya (powertrain) memiliki ukuran sebesar buah semangka dan diletakkan di bawah mobil.

Mobil listrik ‘jaman old’ mengandalkan 12 baterai alkaline Edison 6 volt yang mampu melaju sejauh 110 mil (177 km). Untuk pengisian ulangnya, dibutuhkan waktu empat hingga lima jam. Kecepatannya rata-rata 20-25 mil (30-40 km/jam).

Walau ada yang menyebut mobil listrik pertama kali muncul di tahun 1900-an, sumber lain mengatakan kalau kemunculannya terjadi pada tahun 1898. Saat itu, Ferdinand Porsche sudah membuat mobil listrik P1. Kemudian di waktu yang sama, ia juga membuat mobil listrik hybrid pertama di dunia.

Meskipun menjadi andalan, di tahun 1908 Henry Ford menciptakan mobil bensin yang bertahan sampai sekarang. Walau kini mobil listrik kembali diminati mengingat semakin parahnya tingkat polusi udara di dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply