Marc Marquez Bongkar ‘Kelicikan’ Ducati di Amerika !

RiderTua MotoGP – Salah satu topik yang paling hangat tahun ini adalah perdebatan sengit antara Ducati dengan 4 pabrikan lain. Yang bersumber dari penggunaan spoiler kecil di ban belakang Desmo GP19. Peraturan memang melarang pengembangan aerodinamika, atas dasar itulah Honda, Suzuki, Aprilia, dan KTM keberatan dengan penempatan winglet kecil di motor tim merah itu… Menurut Gigi Dall’Igna, manajer umum Ducati Corse tujuannya adalah untuk mendinginkan ban sebanyak mungkin, itulah tujuan dari sistem ini yang telah dikembangkan oleh Ducati. Performa ban menjadi lebih baik, bukan karena menghasilkan downforce. Namun entah secara sengaja atau tidak Marc Marquez bongkar ‘Kelicikan’ Ducati di Amerika…

Setelah Ducati ternyata Honda yang awalnya ikut protes, mengikuti pemakaian spoiler ini. Marc Márquez dipercayakan untuk mencoba spoiler ‘fenomenal’ itu pada hari Jumat. Pembalap asal Cervera mengendarai dengan bagian ini selama FP2 di MotoGP Austin.

Selama berbicara dengan media di paddock di Austin, Márquez berbicara secara rinci tentang spoiler ini.

“[Spoiler] Itu adalah salah satu opsi yang kami miliki selama akhir pekan, untuk menggunakan bagian baru ini di swingarm, saya tidak yakin bagaimana menamai bagian baru ini. Alat itu adalah untuk meningkatkan kekakuan swingarm, karena saya tidak bisa mengatakan nama yang lain “, Kata Marc senbari tertawa pada para jurnalis.

Marc Marquez Bongkar ‘Kelicikan’ Ducati di Amerika

Márquez kemudian berbicara dengan sedikit lebih serius dan menjelaskan mengapa mereka memutuskan untuk mencoba bagian baru ( Spoiler) di Austin. Tim Honda telah bekerja dalam hal ini dan semuanya berjalan dengan baik, kecepatan yang dimiliki baik dan itu sebabnya Honda memutuskan untuk mencobanya, untuk mengetahui apa kontribusi yang sebenarnya dari spoiler itu..  Ketika didesak tentang sensasi ( dan ini adalah pertanyaan kunci) mengendarai RC213V dengan spoiler seperti Ducati, Márquez mengatakan bahwa sensasi pertama adalah bahwa alat ini memang menghasilkan downforce..!!!

Berikut Videonya

Dan hal itulah yang benar-benar dilihat oleh para insinyur Honda ketika mereka melakukan tes. Seperti dijelaskan Marc, efek aerodinamis sangat terlihat ketika mencoba menghentikan laju motor. Ketika Marc melakukan pengereman dengan kecepatan tinggi maka ada efek downforce, efek aerodinamis pada bagian belakang tercapai. Membuat posisi motor sedikit “Rata” dengan permukaan trek …
Saat ini, Márquez belum jelas apakah dia akan menggunakan bagian ini pada balapan hari Minggu atau tidak. Karena menurutnya spoiler ini memiliki poin positif dan negatif, sehingga mereka akan terus menguji sepanjang akhir pekan sebelum membuat keputusan.

Entah ini merupakan kesengajaan sebuah skenario untuk membuktikan “kelicikan” atau kecerdikan Ducati, melalui Marc Marquez. Honda juga menunjukkan bahwa bisa sama cerdiknya dengan Gigi Dall’Igna ( Ducati) untuk menafsirkan peraturan. Atau memang sebuah ketidaksengajaan karena jika Honda yakin ada efek Aerodinamis dan Ducati diperbolehkan, kenapa tidak memakainnya juga … ?

Be the first to comment

Leave a Reply