Tren Mobil SUV di Dunia Kalahkan Mobil MPV

(Foto: Metro News.com) suv diesel

RiderTua Mobil – Boleh dibilang mobil jenis MPV sangat tenar di Indonesia. Bahkan, penjualannya bisa mengungguli segmen lainnya. Tapi jika membahas seluruh dunia, SUV menjadi juaranya. Tren mobil SUV di dunia kalahkan mobil MPV.

Baca juga: Bentley Mempunyai SUV Tercepat Pesaing Lamborghini Urus
suv mobil terlaris dunia
(Foto: inews) mobil suv

Tren Mobil SUV di Dunia Kalahkan Mobil MPV

Tercatat sudah ada 29,77 juta unit mobil SUV yang terjual di seluruh dunia pada tahun 2018 lalu. Bisa dibayangkan berapa banyak mobil jenis ini yang laris di tiap negara.

Bahkan, diprediksi bahwa tren mobil SUV akan terus bertahan sampai beberapa tahun ke depan. Supplier intelijen bisnis otomotif global Jato memperkirakan tren ini akan awet untuk tahun ke depannya dari 54 pasar otomotif dunia.

Walaupun begitu, sebenarnya hasil tersebut merupakan yang terendah selama empat tahun terakhir, bahkan merupakan hasil setengah dari pertumbuhan tahun 2017. Saat itu, penjualan SUV meningkat 13 persen dari tahun sebelumnya.

Dalam ‘siklus’ tren otomotif, jika satu segmen berkembang pesat, maka segmen lainnya akan menurun. Di saat SUV sedang nge-tren, maka segmen lain seperti sedan dan city car akan menurun. Bahkan MPV yang mana menjadi mobil favorit di Indonesia justru terkena dampak paling besar.

Penurunan pada tahun 2018 lalu mencapai 14 persen atau terjual 6 juta unit. Walau sudah hampir kehilangan tempat di hampir setiap pasar otomotif dunia, setidaknya masih bisa bertahan di beberapa negara termasuk Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply