Toyota Supra yang Dihidupkan Kembali Setelah Absen Selama 17 Tahun

RiderTua Mobil – Siapa yang tidak mengenal Toyota Supra? Mobil sedan sport yang satu ini menjadi legenda di dunia balap mobil. Ketenarannya semakin bertambah, walau bersaing dengan Mitsubishi Lancer. Toyota Supra yang dihidupkan kembali setelah absen selama 17 tahun.

Baca juga: Toyota Supra dan 86 Hasil Persilangan dengan Merek Lain

Toyota Supra yang Dihidupkan Kembali Setelah Absen Selama 17 Tahun

Namun kiprah Supra semakin lama semakin meredup. Terakhir Supra mengaspal pada tahun 2002. Setelahnya, Supra sudah tidak diproduksi lagi oleh Toyota tanpa alasan yang jelas.

17 tahun berlalu, Toyota kembali menghadirkan Supra dalam wujud baru. Meskipun model yang sekarang merupakan ‘hasil persilangan’ dengan salah satu model BMW. Supra ‘reborn’ diluncurkan pada North American International Auto Show (NAIAS) 2019 lalu.

Ternyata Supra memiliki kisah tersendiri bagi CEO Toyota, Akio Toyoda. Dia menggunakan mobil ini untuk belajar menjadi seorang ‘master driver’. Saat itu, dia diajari oleh Naruse di sirkuit Nurburgring.

Sirkuit ini terkenal karena menjadi tempat bagi produsen mobil untuk menguji mobil sebelum diluncurkan atau diproduksi. Pada saat itu, Supra sudah tidak diproduksi dan Toyoda menjadi satu-satunya yang menggunakan mobil bekas di sirkuit tersebut. Ketika itulah dia mendapat ide untuk menghidupkan kembali Supra.

Supra ‘reborn’ ini memiliki desain yang lebih sporty daripada model sebelumnya. Namun ada yang mengkritik desainnya yang tidak berkarakter atau menunjukkan aura khas Supra klasik.

1 Trackback / Pingback

  1. Toyota Supra yang Dihidupkan Kembali Setelah Absen Selama 17 Tahun | Napsu Modif

Leave a Reply