Mungkinkah Mobil Listrik Bisa Masuk ke Indonesia Tahun Ini ?

RiderTua Mobil – Wacana tentang mobil listrik masih terus dibicarakan di Indonesia sampai sekarang. Kehadiran mobil ramah lingkungan ini diperdebatkan karena beberapa faktor. Salah satunya yaitu harga jualnya. Mungkinkah mobil listrik bisa masuk ke Indonesia tahun ini.

Baca juga: Pabrik Hyundai di Indonesia Bisa Produksi Mobil Listrik
(Foto: Otomotif Kompas)

Mungkinkah Mobil Listrik Bisa Masuk ke Indonesia Tahun Ini ?

Jika ada produsen mobil yang menjual mobil listrik tanpa ada insensif, maka ditakutkan tidak bisa laku. Ini karena harganya bisa lebih mahal daripada harga aslinya. Lalu ada faktor lain yang membuat produsen mobil enggan memproduksi mobil listrik untuk saat ini.

Masih adakah kemungkinan mobil listrik bisa masuk ke Indonesia tahun ini? Mungkin tidak. Sebenarnya ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum memasuki era kendaraan listrik. Ichiro Kutani selaku peneliti senior dari Institute of Energy Economics Jepang mengatakan ada tiga poin yang harus dipenuhi, yaitu energy security, lingkungan, dan ekonomi.

Namun Ichiro mengatakan bahwa masalah utama dari penerapan era kendaraan listrik yaitu sumber tenaga pembangkit listriknya. Hingga saat ini sebagian besar sumber energi yang digunakan masih dari batu bara. Itupun dipandang dapat memberi dampak buruk bagi lingkungan. Ichiro berharap pemerintah bisa mengurangi penggunaan batu bara atau kalau bisa mencari alternatifnya.

Selain itu, harga baterai yang mahal perlu dibahas lagi sebelum memproduksi mobil listrik. Karena diketahui harga baterai mobil listrik di Indonesia masih dirasa sangat mahal, kemungkinan karena tidak adanya insensif.

Mungkin semua itu perlu waktu yang lama agar bisa mewujudkannya. Bahkan jika tidak diterapkan tahun ini, bisa jadi di tahun depan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page