Isuzu Belum Yakin untuk Keluarkan Panther ‘Facelift’

Panther Generasi Terbaru

RiderTua Mobil – Masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal dengan Isuzu Panther. Mobil MPV ini sudah cukup lama dijual di pasar otomotif nasional. Panther pertama kali diproduksi sejak tahun 1991 dan masih dijual sampai sekarang. Isuzu belum yakin untuk keluarkan Panther ‘Facelift’.

Baca juga: Adik Isuzu MU-X Segera Lahir

Panther Generasi Terbaru

Isuzu Belum Yakin untuk Keluarkan Panther ‘Facelift’

Panther kini sudah memiliki 4 generasi. Namun model terakhir yang diproduksi oleh Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dilakukan pada tahun 2004. Setelahnya tidak ada lagi pembaruan selama 14 tahun lamanya.

Meskipun begitu, Panther tercatat masih diburu oleh konsumen Indonesia. Walau data menunjukkan penurunan penjualan pada tahun 2018 yang mencapai 950 unit. Sementara di tahun 2017 bisa terjual 1.147 unit.

Panther yang masuk dalam segmen medium MPV akan kesulitan bersaing dengan rival sekelasnya seperti Innova dan Cortez. Isuzu mengakui bahwa persaingan di segmen tersebut memang sulit. Apalagi akhir-akhir ini Isuzu tidak mengeluarkan produk baru.

Sebenarnya Panther berpotensi bisa mendapat facelift atau mungkin menambahkan generasi kelima. Konsep tersebut bahkan sudah pernah dibuat dulu, namun tidak terealisasi karena pertimbangan bisnis. Alasan tersebut yaitu Isuzu masih harus mempertimbangkan tren pasar dan regulasi Euro 4.

Regulasi emisi untuk mesin diesel tersebut akan diterapkan pada tahun 2021 di Indonesia. Sementara Panther masih menggunakan diesel dengan regulasi dibawah aturan tersebut. Jika Isuzu tidak mengembangkan atau memiliki mesin Euro 4, bisa-bisa Panther terancam ‘disuntik mati’ pada tahun 2021 mendatang. Meski pernah dikabarkan bahwa Isuzu masih melakukan studi, entah itu berkaitan dengan Panther atau model lainnya seperti MU-X.

Be the first to comment

Leave a Reply