Pemerintah Mulai Tingkatkan Produksi Mobil Sedan

RiderTua Mobil – Segmen mobil sedan di Indonesia tidak seperti di luar negeri. Keberadaan sedan sudah digantikan dengan MPV, seperti yang terjadi pada perusahaan di bidang komersial. Penjualannya sudah tidak setinggi dulu lagi, bahkan memburuk. Pemerintah mulai tingkatkan produksi mobil sedan.

Baca juga: Penjualan Sedan di Indonesia Semakin Terpuruk
2017-honda-civic-sedan
(Foto: autoevolution) 2017-honda-civic-sedan

Pemerintah Mulai Tingkatkan Produksi Mobil Sedan

Namun di sisi lain, ekspor sedan justru sudah ditingkatkan. Hal ini mengingat permintaan akan mobil sedan di luar negeri masih tinggi. Jelas ini dimanfaatkan oleh para produsen mobil untuk meningkatkan produksinya.

Penjualan dan produksi sedan yang tidak bagus di Indonesia disebabkan oleh pajak yang dikenakan. Mungkin terdengar tidak wajar jika sedan disetarakan pajaknya dengan mobil mewah. Untuk itulah agar bisa mendongkrak produksi sedan, pemerintah akan memberi insensif.

2017-toyota-camry-se-hybrid-sedan
2017 Toyota Camry SE hybrid

Pemerintah masih melihat adanya potensi besar untuk sedan di negara lain. Salah satunya adalah Australia. Beberapa bulan sebelumnya, satu persatu produsen mobil yang menetap disana mulai pergi. Sehingga mengakibatkan kondisi pasar otomotif di Negeri Kangguru menjadi melenggang, dan inilah yang dijadikan kesempatan untuk mengisi celah tersebut.

Selama ini ekspor mobil tiap tahunnya bisa mencapai 200 ribu unit, termasuk sedan. Sementara target selanjutnya yaitu 1,3 juta unit. Tentu itu angka yang cukup besar. Tetapi dengan peningkatan tersebut maka bisa meningkatkan nilai ekspor produk manufaktur juga. Jelas ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah maupun produsen mobil.

Sumber: Detik.com (25/12/18)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives