Mercedes-Benz GLC F-Cell Gabungkan Hidrogen dan Plug-In Hybrid

RiderTua Mobil – Teknologi listrik pada kendaraan memang sudah umum terdengar. Biasanya ada yang menggunakan gabungan dengan mesin bensin ataupun listrik murni. Ada juga menggunakan sistem plug-in hybrid bahkan tenaga hidrogen. Mercedes-Benz GLC F-Cell gabungkan hidrogen dan plug-in hybrid.

Baca juga: Mobil Mercedes Benz Terjual 3 Ribu Unit Per 9 Bulannya

Mercedes-Benz GLC F-Cell Gabungkan Hidrogen dan Plug-In Hybrid

Namun apa yang dilakukan Mercedes-Benz ini sangat berbeda. Yaitu menggabungkan teknologi hidrogen fuel cell dengan teknologi plug-in hybrid. Mungkin kombinasi tersebut masih belum ada pada mobil ramah lingkungan saat ini.

Kombinasi ini hanya ditemukan pada powertrain milik model GLC F-Cell. Memang teknologi plug-in hybrid ini biasanya dikombinasikan dengan mesin bensin. Namun Mercy memilih untuk menggunakan bahan bakar hidrogen sehingga lebih ramah lingkungan. Ini karena hidrogen tidak perlu bahan bakar minyak dan tidak menghasilkan emisi gas.

Mobil ini entah masih dalam tahap pengembangan oleh Mercedes-Benz atau tidak. Diketahui bahwa model GLC F-Cell ini tidak dijual bebas di pasar otomotif global, tetapi hanya tersedia di Jerman. Selain itu, GLC F-Cell hanya bisa disewa atau istilahnya disini menyebutnya sebagai mobil rental.

GLC F-Cell awalnya disewakan kepada instansi pemerintah atau pebisnis lokal. Selanjutnya mengarah ke individu sebagai mobil sewaan pribadi. Mobil small crossover ini hanya tersedia di wilayah Stuttgart, Dusseldorf, Berlin, Hamburg, Frankfurt, Munich, dan Cologne.

Teknologi hidrogen kini tengah dikembangkan oleh beberapa produsen, mulai dari Audi, GM, Honda, BMW, Toyota, dan Ford. GM dan Honda baru menjual kendaraan hidrogen pada tahun 2020, sementara sisanya masih dalam tahap pengerjaan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply