Fitur Sepele Pendamping Airbag Ini Sangat Penting

airbag

RiderTua Mobil – Fitur airbag menjadi fitur keselamatan yang paling dipentingkan pada mobil. Airbag berguna sebagai pelindung bagi pengemudi dan penumpang mobil saat terjadi tabrakan. Serta untuk meminimalisir resiko kematian karena kecelakaan mobil. Fitur sepele pendamping airbag ini sangat penting.

Baca juga: Ford Patenkan Teknologi Airbag Pada Ban Mobil
hyundai mobis sunroof airbag
hyundai mobis sunroof airbag

Airbag dan Seat-belt

Awalnya airbag hanya sebatas dipasang pada bagian setir kemudi dan dasbor depan penumpang. Kini airbag juga bisa dipasang pada bagian samping serta lutut untuk melindungi penumpang. Tentu akan ada yang beranggapan makin banyak airbag makin aman mobilnya.

Namun sebenarnya itu salah. Kalau penggunaan airbag yang banyak bukan berarti tidak menggunakan sabuk pengaman alias seatbelt. Ditemukan fakta bahwa penurunan resiko kematian jika hanya mengandalkan airbag masih cukup rendah.

Dalam data statistik oleh lembaga independen, ketika terjadi tabrakan frontal atau dari depan maka penggunaan airbag hanya mengurangi resiko kematian hingga 29 persen. Jika dari arah samping hanya 31 persen. Kalau dipadukan dengan seatbelt bisa menjadi 45 persen.

Ini berarti, baik airbag maupun seatbelt memiliki keterkaitan yang sangat penting ketika terjadi tabrakan pada mobil. Tentunya bisa menyelamatkan penumpang dan pengemudi di dalamnya, asal menggunakan seatbelt.

Namun tak jarang ada mobil yang tidak dilengkapi dengan airbag. Biasanya ditemukan pada mobil dengan harga yang sangat murah. Padahal tanpa adanya fitur tersebut, meski sudah ada seatbelt, kemungkinan bisa akan meningkatkan resiko kematian.

 

Be the first to comment

Leave a Reply