Harga Honda Forza di Indonesia Sama Dengan di Thailand

RiderTua Motor – Honda baru saja mengenalkan skutik bongsor Forza pada GIIAS 2018 lalu. Kehadiran model ini akan menjadi pelengkap jajaran skutik Honda di Indonesia. Memang ada satu skutik bongsor lainnya dari produsen asal Jepang ini, yaitu PCX. Harga Honda Forza di Indonesia sama dengan di Thailand.

Baca juga: Alasan Kenapa Harga Honda Forza Lebih Mahal dari XMAX

Harga Mahal

Namun konsumen Indonesia mengeluhkan harganya yang cukup mahal, yaitu mencapai Rp 76,5 juta. Jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Yamaha XMAX yang hanya dipatok Rp 57,8 juta. Lalu mengapa bisa begitu?

Sebenarnya Forza masih berstatus sebagai motor unit CBU (Completely Build-Up) yang didapat dari Thailand. Inilah mengapa skutik 250 cc ini memiliki banderol yang cukup mahal. Namun ada perbedaan yang terlihat dari Forza yang dijual di dua negara ini.

Jika di Indonesia Forza menggunakan mesin 250 cc, maka di Thailand menggunakan mesin 300 cc. Forza Thailand dibanderol mulai 169 ribu baht atau sekitar Rp 76 juta. Ternyata berselisih sangat tipis dengan Forza di Indonesia.

Mengingat harganya mahal, Honda disarankan untuk melakukan lokalisasi Forza layaknya PCX. Awal kehadiran PCX yang juga didatangkan dari Vietnam ini memiliki banderol yang mahal. Namun setelah dilokaliasasi, harganya turun menjadi Rp 27-30 juta.

Meskipun begitu, belum tentu Honda mau melakukan lokalisasi Forza. Karena yang menjadi pertimbangan yaitu melihat jumlah peminatnya. Jika peminatnya cukup banyak, maka bisa dilakukan lokalisasi. Nampaknya Forza hanya diminati oleh kalangan tertentu saja.

 

Be the first to comment

Leave a Reply