Alasan Kenapa Harga Honda Forza Lebih Mahal dari XMAX



RiderTua Motor – Primadona skutik Honda Forza 250 memang menjadi sorotan. Namun banyak konsumen yang mengeluhkan harganya yang dianggap terlalu mahal. Bahkan harga tersebut melebihi rival sekelasnya, Yamaha XMAX 250. Alasan kenapa harga Honda Forza lebih mahal dari XMAX.

Baca juga: Inilah Harga Resmi Skutik Honda Forza

2018 Honda Forza 250 Siap Hadang Yam

Kapan Dirakit Lokal?

Menanggapi keluhan tersebut, Astra Honda Motor (AHM) mengakui kalau harga Forza lebih mahal daripada XMAX. Tetapi ada alasan utama dibalik mahalnya harga tersebut. Yaitu karena skutik bongsor ini masih diimpor dari Thailand.

Forza 250 didatangkan dari Negeri Gajah Putih dalam bentuk CBU (Completely Build Up), dan itu membuat harganya mahal. Harganya yaitu mencapai Rp 76,5 juta (OTR DKI Jakarta). Ditambah dengan tidak stabilnya nilai tukar dolar bisa mempengaruhi harga jual Forza.

Jika dibandingkan dengan XMAX, skutik ini dibanderol Rp 58.800.000 saja. Artinya Forza lebih mahal Rp 18,7 juta dari XMAX. Ini karena XMAX sudah dirakit secara lokal oleh YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing). Sehingga bisa menekan harga jualnya yang sebenarnya bisa dibanderol lebih tinggi daripada harga semula jika XMAX diimpor juga.

AHM belum memiliki rencana untuk bisa merakit Forza di Indonesia. Dengan begitu, maka harga jualnya bisa ditekan. Hingga kini Forza terjual sekitar 800 unit, terhitung sejak bulan Agustus hingga Oktober 2018. Sementara XMAX mendominasi dengan 5.713 unit terjual dalam enam bulan pertama. Forza memang masih terbilang baru di Indonesia, dan mungkin AHM bisa mencari cara agar skutik ini bisa dirakit lokal layaknya XMAX.

 

Be the first to comment

Leave a Reply