Torsi Skuter Listrik Ini Medeni Kang !


ktm indonesia

(Foto: electrek)

RiderTua Motor – Pabrikan motor asal Inggris Zapp baru-baru ini merilis sebuah skuter listrik yang diberi nama E-Scooter i300. Namun tahukah anda, meski bentuknya sebuah skuter listrik torsi yang dihasilkan 5 kali lipat dari Honda CBR1000RR. Emejing kan ?Torsi skuter listrik ini medeni Kang !

Baca juga: Skuter Listrik India Ini Sekali Ngecas Bisa Tempuh Jarak Hingga 160 KM, gile !
(Foto: Youtube)

Zapp E-Scooter i300

Sebenarnya skuter listrik ini hanya mendapat suplai tenaga sebesar 19 hp, namun torsi yang sanggup dihasilkan sungguh luar biasa yaitu mencapai angka 587 Nm. Untuk perbandingan saja, Honda CBR 1000RR yang merupakan sebuah motor sport hanya menghasilkan torsi 114 Nm. Hampir 5 kali lipatnya bukan ?Zapp E-Scooter i300 ini hanya membutuhkan waktu 2,4 detik untuk melaju dengan kecepatan 48 km/jam dari kondisi diam.

Jika dibandingkan dengan sepeda motor konvensional angka ini memang sangat luar biasa. Namun, hal ini adalah sangat lumrah untuk sebuah motor listrik. Karena motor listrik dibekali dengan magnet permanen yang dipadukan dengan baterai ultra-light Li-ion air-cooled. Baterai ini sangat mudah dilepaskan sehingga bisa diganti jika sewaktu-waktu habis.

(Foto: shropshire Star)

Dilihat dari tampang, tampilan skuter ini sangat minimalis futuristis khas skuter masa depan. Bentuknya bisa dibilang tak lazim, entah apakah skuter ini bisa dibuat boncengan atau tidak mengingat bentuk joknya yang seperti itu. Bentuknya yang compact dan berbobot ringan hanya 90 kg, skuter ini cocok digunakan di daerah perkotaan.

Dibekali sistem pengereman ABS di kedua roda, suspensi up-side down dan ban gambot ukuran 110/70-14 pada roda depan. Sementara untuk roda belakang menggunakan single-sided swing arm dan ban ukuran 140/60-14.

1 Comment

Leave a Reply