Wah, Honda Memata-Matai Pecahan Motor Ducati Lorenzo dan Mempelajarinya !


ktm indonesia

RiderTua MotoGP – Kecelakaan Jorge Lorenzo di Buriram memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi pembalap Ducati Jorge Lorenzo. Dia harus kehilangan seri Thailand, Jepang dan Australia. Pihak Ducati menutup rapat penyebab kecelakaan itu selain kegagalan mekanis motor desmo mereka. Namun dampak dari insiden hancurnya motor Desmosedici Lorenzo menjadi beberapa bagian itu ternyata dimanfaatkan oleh kompetitornya. Honda memata-matai pecahan motor Ducati Lorenzo dan mempelajarinya..!

Kecelakaan Jorge Lorenzo Sabotase

Pasca kecelakaan mengerikan itu pihak marshal hanya memarkirnya di samping dinding pembatas trek. Menunggu mekanik ducati tiba untuk menutupinya dan membawanya kembali ke garasi. Namun, dalam beberapa menit itu, beberapa fotografer sempat menangkap semua “bongkahan” interior GP18, detail tersembunyi yang sulit bagi para insinyur Borgo Panigale untuk dibicarakan (rahasia teknis). Beberapa agensi membagikan foto-foto itu, yang diterbitkan di media yang berbeda beberapa jam kemudian… Bagi ahli teknik tentunya mereka akan mudah “membaca” dibanding orang awam..

Honda Memata-Matai Pecahan Motor Ducati Lorenzo dan Mempelajarinya

Jatuhnya Lorenzo yang mengakibatkan bagian belakang sepeda motornya pecah berantakan. Banyak pihak yang ingin melihat foto-foto itu dengan minat besar dan bertanya ada apa dibalik motor yang paling kompetitif di grid saat ini. Bahkan seperti dilansir MARCA(24/10/18), Honda mengadakan pertemuan luar biasa dengan para insinyurnya malam itu di mana mereka menganalisis ke’telanjang’an motor Ducati dalam detail terkecil. Faktanya, banyak foto dikirim ke Jepang untuk para pekerja HRC lain untuk diteliti.

“Kami melihat beberapa hal yang sangat menarik. Tentu saja, sesuatu yang serupa terjadi dengan Yamaha, yang pekerjanya juga mempelajari foto-foto itu secara mendalam. Spionase ini bukanlah hal baru. Bahkan, setiap tahun di sirkuit Ricardo Tormo de Cheste, seorang anggota Honda atau Yamaha berjalan melalui ‘pit lane’ dengan kamera kecil dan dengan hati-hati memindai motor saingan. Tetapi melihat daleman Ducati ( crash Lorenzo) adalah sesuatu yang tidak ternilai bagi mereka.” kata seorang eksekutif senior Golden Wing pada surat kabar itu.

Gigi Dall’Igna : Tidak ada rahasia di sana…

Namun faktanya Ducati, sementara itu mencoba untuk menghapus ‘barang bukti’ bongkahan besi subjek kecelakaan itu. Mereka mencoba membuat lawan mereka melihat bahwa tidak ada hal lain di foto-foto itu. “Aku tidak peduli,” kata Gigi Dall’Igna, kepala departemen balap Ducati dan pencipta motor desmo GP18 itu. Ketika ditanya mengapa dia tidak peduli, dia menjawab “Tidak ada rahasia di sana”. Namun waktu yang akan berbicara apakah insiden hancurnya motor Ducati di Thailand akan dipelajari tim lawan di musim dingin. Dimana hal ini membantu tim lawan untuk memberikan langkah maju dalam evolusi sepeda motor mereka dalam pembuatan prototipe 2019. Dimana saat ini sedang digodok di komputer dan bengkel dari negara Jepang ( Honda dan Yamaha) itu berbekal hasil “mata-mata” tadi ?.

2 Comments

Leave a Reply