7 Mobil Esemka Tak Lolos Uji Standar Euro4


ktm indonesia

digdaya Mobil Esemka
digdaya Mobil Esemka

RiderTua Mobil – Beberapa waktu yang lalu kita sempat seneng mendengar kalau mobil Esemka sudah berhasil lolos melalui serangkaian pengujian kendaraan. Tak tanggung-tanggung, ada 8 model mobil Esemka yang berhasil lolos. Namun ada berita buruk. 7 mobil Esemka tak lolos uji standar Euro4.

Baca juga: Daftar 8 Mobil Esemka Yang Bakal Dirilis, Segera Dijual ?

Tak Lolos Uji Standar Euro4

Namun tahukah anda jika dari ke-8 model mobil Esemka itu, ada 7 model yang tak lolos uji standar emisi Euro4. Untuk diketahui, mulai 7 Oktober 2018 pemerintah Indonesia telah memberlakukan standar emisi kendaraan Euro4 untuk semua kendaraan baru. Dan satu-satunya model mobil Esemka yang lolos uji standar emisi Euro4 hanya SUV diesel 2.000cc Garuda 1.

Aturan emisi gas buang kendaraan sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri/PerMen Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru. Untuk mesin bensin mulai berlaku mulai 7 Oktober 2018 kemarin sedangkan untuk mesin diesel berlaku mulai 2021 mendatang.

(Foto: Okezone News)

Sebenarnya, mobil-mobil Esemka ini sudah lolos untuk uji emisi gas buang standar Euro2. Namun karena saat ini sudah berlaku standar Euro4, otomatis Esemka harus mengikuti peraturan yang ada bukan ?Jika ingin lolos standar emisi Euro4 ini maka mobil Esemka harus mengajukan lagi uji tipe untuk mendapatkan Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) dan Sertifikasi Uji Tipe (SUT). Jika kedua surat ini sudah dikantongi maka Esemka bari bisa memproduksi sekaligus menjualnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Jokowi Diaz Hendropriyono mengatakan jika Esemka sudah siap meluncurkan sebuah mobil SUV. Kemungkinan besar mobil yang dimaksud tersebut adalah Esemka Garuda 1. Tapi kapan waktu peluncurannya masih belum dikabarkan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply