Mazda Indonesia Lakukan Recall, Masalah Airbag ?


ktm indonesia

RiderTua Mobil – Masalah yang ditimbulkan karena airbag Takata sudah bukan menjadi hal baru lagi di dunia otomotif. Baru terdeteksi pada awal tahun 2018 dan karena permasalahan ini, para produsen mobil berskala besar harus melakukan recall besar-besaran. Mulai dari Toyota, Honda, dan lainnya harus segera me-recall semua mobil yang terdampak. Mazda Indonesia lakukan recall, masalah airbag ?

Baca juga: Gara-gara Airbag Takata 13 Produsen Mobil Harus Bayar Kompensasi ke Korban

airbag

Belum Kelar

Ternyata masalah airbag Takata masih terus terjadi sampai sekarang. Baru-baru ini diketahui Mazda Indonesia sedang melakukan recall. Namun yang dipertanyakan kenapa baru dilakukan sekarang?

Sebenarnya recall ini sudah diumumkan sejak masalah airbag tersebut mencuat. Namun Mazda Indonesia mulai kesulitan karena dikhawatirkan konsumennya ada yang tidak mengetahui hal ini. Walau sebenarnya recall ini termasuk kampanye proaktif, yaitu hanya mengecek nomor rangka kendaraannya (VIN) saja.

Mazda Indonesia mengupayakan untuk bisa menghubungi konsumen yang mobilnya terdampak berdasarkan data servis rutin. Jika konsumen datang ke tempat servis, maka akan dicek VIN mobilnya dan melihat apa ada komponen yang harus diperbarui. Namun jika konsumen tidak melakukan servis secara rutin maka layanan tersebut akan hangus.

Untuk itulah Mazda Indonesia meminta kerja sama dengan konsumen agar kampanye recall ini bisa dilakukan secara sepenuhnya. Hal ini tentu saja untuk meminimalisir dampak buruk dari masalah airbag Takata ini.

Sebelumnya, airbag Takata ditemukan bermasalah dan akibatnya produsen yang harus melakukan recall. Ini karena airbag mengembang terlalu keras saat terjadi benturan atau kecelakaan, sehingga sangat membahayakan pengemudi dan penumpang. Seperti kejadian kecelakaan yang pernah terjadi beberapa bulan lalu, mengakibatkan sang pengemudi wanita meninggal karena airbag mengembang terlalu keras.

 

Be the first to comment

Leave a Reply