Inilah Hasil Penjualan LMPV Periode Januari-September 2018


ktm indonesia

avanza vs xpander vs confero
(foto: carmudi)

RiderTua Mobil – Segmen LMPV seolah tidak pernah sepi peminat. Dari bulan ke bulan, tahun ke tahun, penjualan di segmen MPV sejuta umat ini sering mengalami kenaikan. Apalagi kini makin ramai dengan kehadiran Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero sebagai pendatang baru. Inilah hasil penjualan LMPV periode Januari-September 2018.

Baca juga: Mobil Manual Masih Laris di Indonesia ?
deretan low mpv

Penjualan Menurun?

Dari hasil penjualan periode Januari-September 2018 oleh Gaikindo, pada segmen LMPV mengalami kenaikan 15,24 persen. Sehingga pada periode tersebut terjual 212.199 unit dan menguasai 24,78 persen pasar mobil di Indonesia.

Meskipun mengalami kenaikan, rata-rata model yang dijual di segmen ini mengalami penurunan penjualan jika membandingkannya dengan tahun lalu di periode yang sama. Yang mengalami kenaikan hanya tiga model saja, yaitu Xpander, Confero, dan Ertiga.

Xpander yang mengalami kenaikan drastis dari sebelumnya yang penjualannya hanya 1.096 unit kini menjadi 60.717 unit. Ertiga yang baru mendapat pembaruan pada bulan April lalu penjualannya naik menjadi 36.448 unit. Sementara Confero mencatatkan penjualan hingga 8.047 unit.

toyota-avanza
toyota-avanza

Sementara Avanza mengalami penurunan yang cukup parah. Tercatat 58.582 unit yang terjual selama periode tersebut, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yang mencapai 90.010 unit. Penurunan juga terjadi pada Xenia (22.053 unit), Mobilio (20.402 unit), APV (3.040 unit), dan Luxio (2.910 unit). Evalia sudah tak menjual mobil lagi karena dihentikan penjualannya oleh Nissan.

Persaingan yang sangat ketat dengan pendatang baru tentu menjadi penyebab umum penurunan penjualan pada model tersebut. Namun Toyota dikabarkan sedang menyiapkan pembaruan untuk Avanza dan diperkirakan akan diluncurkan pada awal tahun 2019 mendatang.

 

1 Comment

Leave a Reply