Inilah Peraih Rekor Mobil Darat Tercepat di Dunia


ktm indonesia

(Foto: Liputan6.com)

RiderTua Mobil – Jika membicarakan tentang mobil mana yang paling cepat di dunia, mungkin ada yang akan menyebut beberapa merek supercar. Sebut saja Lamborghini, Ferrari, sampai Bugatti. Namun sebenarnya mobil tersebut bukanlah yang tercepat di dunia. Inilah peraih rekor mobil darat tercepat di dunia.

Baca juga: Ferrari 812 Superfast, Mobil Tercepat yang Pernah Ada
(Foto: TechSpot)

Mobil Peluru

Ternyata gelar mobil tercepat sejagat dipegang oleh kendaraan mirip mobil peluru bernama Turbinator II. Mobil ini baru memecahkan rekor mobil tercepat di dunia dengan mencatatkan kecepatan hingga 811 km/jam! Bagaimana bisa?

Turbinator II melakukan pemecahan rekor ini di padang garam Bonneville Utah, Amerika Serikat awal Oktober lalu. Mobil ini dibuat oleh Tim Vesco yang mengggunakan four-wheel drive dipadukan dengan mesin turbo jet. Mobil ini juga beberapa kali dirombak untuk mengganti bahan material aluminium.

Lalu wheelbase Turbinator II memiliki panjang 6,4 meter dan dimensi panjang 10 meter. Mesin yang dipakai yaitu mesin helikopter Chinook dari Lycoming yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 5.000 hp. Jika dibandingkan dengan varian sebelumnya yang hanya 3.750 hp.

(Foto: Pinterest)

Ini bukan pertama kalinya Tim Vesco melakukan uji coba rekor Turbinator. Sebelumnya sempat mencatatkan kecepatan hingga 775 km/jam, namun tidak dimasukkan dalam buku rekor karena lintasan diguyur hujan. Lalu pada bulan Oktober 2001 silam Turbinator mencatatkan kecepatan 737,7 km/jam, dikendarai oleh Don Vesco yang sudah meninggal dunia karena sakit.

Don Vesco sempat mengatakan bahwa ia menginginkan bahwa Turbinator-nya mampu mencapai kecepatan 500 mph (804 km/jam) agar mendapatkan bingkai plat ‘Goal 500 mph’ yang dibuatnya beberapa tahun lalu. Sepertinya kini impiannya sudah terwujud berkat Turbinator II.

 

Be the first to comment

Leave a Reply