Daftar Mobil LCGC Terlaris September 2018


ktm indonesia

RiderTua Mobil – Mobil LCGC (Low Cost Green Car) menjadi salah satu mobil yang juga laris manis di Indonesia. Walau tak selaris MPV, mobil jenis ini ternyata cukup banyak diminati konsumen yang memiliki budget terbatas untuk membeli mobil. Daftar mobil LCGC terlaris September 2018.

Baca juga: Inilah Mobil LCGC Terlaris Selama 5 Tahun
datsun go+ vs toyota calya-daihatsu sigra
(Foto: CarSpiritPK) datsun go+ vs toyota calya-daihatsu sigra

LCGC Tiga Baris

Sebenarnya segmen LCGC hanya ada di Indonesia dan merupakan program dari pemerintah. Produsen mobil seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, dan Datsun terjun di segmen ini. Dari produsen tersebut, Toyota-Daihatsu yang memiliki masing-masing dua mobil LCGC sekaligus.

Model tersebut yaitu Agya-Ayla dan Calya-Sigra. Berbeda dengan Agya-Ayla, Calya-Sigra merupakan LCGC dengan tiga baris bangku layaknya MPV, begitu juga dengan bentuk mobilnya. Sementara Agya-Ayla memiliki bodi yang lebih mungil dan hanya dilengkapi dua baris bangku.

Berbicara tentang penjualan, dikutip dari data Gaikindo, Toyota Calya yang mencatatkan penjualan mobil LCGC tertinggi pada bulan September 2018 lalu, dengan angka mencapai 4.819 unit. Sementara saudara kembarnya Sigra di posisi kedua dengan 4.729 unit terjual.

 

mobil-lcgc
mobil-lcgc

Selanjutnya ada Ayla yang mencatatkan penjualan sebanyak 2.473 unit, dan dibawahnya masih ada saudara kembar Ayla, yaitu Agya dengan 2.437 unit terjual. Sepertinya dua ‘pasangan kembar’ tersebut mendominasi segmen LCGC di Indonesia. Sementara Datsun dengan Go+ dan Go Panca serta Suzuki Karimun Wagon R tidak menjual lebih dari 1.000 unit selama bulan September.

Walau tidak kuat di segmen LCGC, Suzuki masih berjaya di segmen kendaraan niaga, dan Datsun masih harus fokus pada penjualan Datsun Cross. Lalu Honda dengan Brio Satya masih belum mencatatkan penjualan, mengingat LCGC satu ini baru mendapat pembaruan di GIIAS 2018 lalu.

 

Be the first to comment

Leave a Reply