Alasan Honda Tidak Membuat LCGC 7 Seater


ktm indonesia

(Foto: Raja Mobil)

RiderTua Mobil – Kebanyakan mobil LCGC memiliki dua baris bangku atau hanya 5-seater. Seperti duo Ayla-Agya, Suzuki Karimun Wagon R, Datsun Go dan Honda Brio. Ukurannya juga terlihat seperti city car/mobil kota atau sebuah mobil hatchback. Alasan Honda tidak membuat LCGC 7 seater.

Baca juga: Harga Mobil LCGC yang Murah Bukan Jaminan Mobil Bisa Laris
(Foto: viva)

Hanya LMPV?

Namun ada juga yang menggunakan konfigurasi 7-seater atau 7 kursi, seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Datsun Go Panca. Tentu ini menjadikan ketiganya sebagai satu-satunya mobil LCGC dengan tiga baris bangku. Tetapi apakah produsen lain akan memproduksi LCGC 7-seater juga?

Honda mengatakan bahwa mereka tidak punya rencana untuk membuat LCGC 7-seater layaknya Calya-Sigra. Menurutnya, jika suatu mobil LCGC ingin mempunyai tiga baris bangku, maka harus pindah segmen minimal ke segmen low MPV. Honda menganggap konfigurasi 7-seater memang menjadi ciri khas mobil MPV.

Di samping itu, LCGC baik yang 5-seater dan 7-seater memiliki peminatnya masing-masing. Biasanya untuk LCGC 7-seater digunakan sebagai taksi online. Kini banyak perusahaan taksi yang menggunakan mobil sejenis LMPV dan bukannya sedan lagi. Meskipun begitu, apakah Honda akan berubah pikiran untuk membuat LCGC 7-seater. Jonfis Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM (Honda Prospect Motor) mengatakan

“Kalau bicara yang bener 7-seater itu adalah mobil low MPV, kalau mau dipaksakan bisa tapi kami nggak kesana”

honda mobilio special edition
(Foto: Youtube) honda mobilio special edition

Honda sendiri memiliki mobil LMPV Mobilio. Penjualannya cukup baik selama bulan September lalu. Memang fitur 7-seater layaknya mobil MPV tak hanya dilakukan pada mobil LCGC saja. Toyota-Daihatsu memasang fitur ini pada low SUV Rush-Terios. Memang SUV kebanyakan menggunakan 5-seater, sehingga membuat Rush-Terios disebut sebagai ‘SUV rasa MPV’.

 

Be the first to comment

Leave a Reply