Honda CRF250L Kena Recall di Amerika, Indonesia ?


ktm indonesia

HONDA CRF250L
HONDA CRF250L

RiderTua Motor – Beberapa saat yang lalu, Honda Amerika mengumumkan recall terhadap motor trail CRF250R. Hal ini terjadi setelah mendapat laporan mengenai masalah terhadap wiring harness. Tercatat ada kurang lebih 500 unit yang terdampak recall tersebut. Honda CRF250L kena recall di Amerika, Indonesia ?

Baca juga: Warna Baru New Honda CRF150L

2018 Honda CRF250 Rally

Beda Spek, Beda Motor?

Sementara itu, beberapa pemilik CRF250R mengkhawatirkan kalau dampak recall tersebut bisa meluas hingga ke Indonesia. Lagipula motor ini tergolong baru karena baru saja dirilis beberapa bulan yang lalu. Bagaimana Honda menanggapinya?

Honda mengatakan bahwa motor yang dijual di Indonesia tidak akan terkena recall. Ini karena CRF250R di Indonesia dengan di Amerika berbeda spesifikasi dan jenis motor. Jika di Amerika yang dijual adalah CRF250L, maka yang ada di Indonesia merupakan CRF250RALLY.

CRF250RALLY sebenarnya diimpor langsung dari Thailand, dan tentu saja memiliki spesifikasi yang berbeda dengan CRF250L dari Amerika. Sehingga pengguna CRF250R di Indonesia tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Tetapi jika ditemukan masalah pada tak hanya satu motor, tetapi dalam jumlah banyak, bisa jadi akan dilakukan recall.

2018 Honda CRF250L Review Spesifikasi Fitur Warna dan Harga
2018 Honda CRF250L Review Spesifikasi Fitur Warna dan Harga

Masalah wiring harness pada CRF250L akan berdampak pada fungsi lampu dan panel instrumen motor. Walau sebenarnya tidak terlalu membahayakan, tetapi pengguna harus memperbaikinya di dealer Honda Amerika terdekat. Semua biaya perbaikan gratis.

Ini bukan pertama kalinya Honda melakukan recall yang melibatkan motor trail-nya tersebut di Amerika Serikat. Pernah suatu saat Honda harus menarik sekitar 505 unit CRF250R karena masalah kopling. Jika kopling tidak berfungsi dengan benar, maka mesin mulai mengalami overheat dan cover mesin bisa pecah. Akibatnya mesin terkunci atau tak berfungsi dengan baik. Kondisi ini sangat membahayakan jika motor dikendarai dalam kecepatan tinggi.

 

Be the first to comment

Leave a Reply