Honda Sudah Recall 600 Ribu Unit Mobil, Masalah Apa ?


ktm indonesia

(Foto: Otomotif Kompas)

RiderTua Mobil – Honda Prospect Motor (HPM) kembali mengumumkan recall mobilnya lagi. Mobil yang terdampak yaitu Honda Stream, CR-V, Accord, City, Jazz, Odyssey, dan Brio, dikabarkan sebagian sudah diperbaiki. Tetapi mungkin masih ada konsumen yang belum mengetahui hal ini. Honda sudah recall 600 ribu unit mobil, masalah apa ?

Baca juga: Honda Siapkan Generasi Terbaru Mobilio?
honda jazz
( Foto: Oto) honda jazz

Airbag Bermasalah

Total 600 ribu unit tersebut dihitung dari tahun 2002 silam. Kini program recall tersebut sudah mencapai 52 persen. Sisanya entah masih dalam tahap perbaikan atau belum sama sekali diperbaiki.

Sebagian besar recall dilakukan karena ditemukan masalah pada inflator airbag. Jika dibiarkan begitu saja, maka ketika terjadi tabrakan maka airbag kemungkinan bisa mengembang secara berlebih atau over-deployment. Ini terjadi karena tekanan gas yang berlebihan dalam salah satu komponen inflator airbag.

Keadaan ini tak bisa disepelekan begitu saja. Karena akibat dari inflator airbag yang bermasalah ini bisa membahayakan pengemudi atau penumpang mobil saat kecelakaan terjadi. Seperti yang pernah terjadi di Malaysia, dimana seorang wanita tewas setelah kecelakaan, dipicu karena airbag yang over-deployment.

new honda brio satya 2017
(Foto: YouTube) new honda brio satya 2017

HPM berusaha untuk mencegah kejadian yang serupa di Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk mengingatkan konsumen atau pasar mobil bekas untuk memeriksa keadaan mobil yang terdampak recall. Seperti melalui e-mail direct atau SMS kepada konsumen, melakukan perbaikan di pasar mobkas, sampai kerja sama dengan komunitas. Program recall ini sudah seperti menjadi tanggung jawab HPM, karena keselamatan konsumen sangatlah dipentingkan.

Sumber: Detik.com (14/10/18)

Be the first to comment

Leave a Reply