Ternyata Inilah Penyebab Xpander Terbakar di Riau


ktm indonesia

(Foto: Harian Riau)

RiderTua Mobil – Publik dikejutkan dengan kejadian tragis yang menimpa mobil Mitsubishi Xpander di Jalan Imam Munandar Pekanbaru, Riau. Xpander yang masih kinyis-kinyis ini mengalami kebakaran yang sumbernya entah dari mana. Masyarakat sekitar berhasil memadamkan api, tapi hampir seluruh bodi mobil mengalami kerusakan parah. Ternyata inilah penyebab Xpander terbakar di Riau.

Baca juga: Xpander Baru Terbakar di Riau, Apa Penyebabnya ?
Mitsubishi Expander front
Mitsubishi Expander front

Jangan Dimodif Sembarangan

Kejadian ini langsung mendapat perhatian serius dari Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) dan mulai bertindak cepat. Mereka mengirimkan tim investigasi untuk mencari tahu penyebab kebakaran ini. Setelah beberapa hari kemudian, ternyata penyebabnya adalah terjadi korsleting alias arus pendek setelah mobil mengalami modifikasi.

Hal ini diketahui setelah meminta keterangan dari pemilik Xpander terbakar tersebut. Sang pemilik mengakui bahwa dia memodifikasi mobilnya yang masih baru dan baru melakukan satu kali service. Selain itu, diketahui pula bahwa mobil tersebut baru menempuh jarak sekitar 1.000 km.

Sang pemilik tidak mengetahui adanya kesalahan dalam pemasangan yang tidak sesuai standar Mitsubishi. Entah bagian mana yang dimodifikasi oleh pemilik tersebut, tetapi kemungkinan ada kabel tidak berstandar menempel di aki. Sehingga menyebabkan kebakaran dan menghanguskan mobil.

(Foto: Detik OTO)

Setelah kejadian ini, Xpander yang sudah terbakar itu kini sedang diproses untuk mendapat asuransi. MMKSI akan memberi mobil pinjaman untuk sementara waktu. Mitsubishi kemudian menghimbau kepada seluruh dealernya untuk lebih perhatian terhadap konsumennya. Terutama bagi mereka yang sudah memodifikasi kendaraannya tersebut.

Memang modifikasi mobil tidak sepenuhnya dilarang. Hanya saja jika modifikasi pada bagian dalam mobil tentu harus lebih berhati-hati dan jangan sembarangan. Jangan sampai terjadi korsleting sehingga menimbulkan kebakaran pada mobil. Rugi juga kan?

 

2 Comments

  1. Jangan sampai pas lagi naik daun penjualannya tercoreng reputasinya gara2 kejadian satu ini…

    Tapi… Memodifikasi kelistrikan apa tidak ada efek pada garansinya?

    Dapat pinjaman mobil sementara dari MMKSI setelah kesalahan dari hasil modifikasi user sendiri?! Baik banget MMKSI ya…..? Atau ada sesuatu yang ditutupi sehingga MMKSI jadi baik banget mau kasih pinjam mobil sementara proses klaim asuransi berjalan? Hhmmmmmm……..

  2. Yang pasti kebanyakan modifikasi lampu, karena lampu bawaan gelap banget. Dan MMKSI menyalahkan kaca film depan yang terlalu gelap.

Leave a Reply