Nissan akan Produksi Mesin Mitsubishi Xpander


ktm indonesia

mitsubishi xpander active gear 2018
mitsubishi xpander active gear 2018

RiderTua Mobil – Popularitas Xpander yang terus meningkat membuat Mitsubishi mulai kewalahan. Bagaimana tidak, inden yang mencapai puluhan ribu unit ini harus bisa segera diselesaikan. Apalagi mereka juga harus memenuhi inden yang datang dari luar negeri. Nissan akan produksi mesin Mitsubishi Xpander.

Baca juga: Nissan Siap Kenalkan ‘Kembaran’ Xpander 2019
(Foto: Otomotif-Tempo.co) pabrik mitsubishi xpander

Penuhi Inden

Segala cara dilakukan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) untuk memenuhi semua inden tersebut. Seperti menambah investasi untuk meningkatkan kapasitas produksi pabrik yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Namun ada cara lain dari Mitsubishi untuk bisa memenuhi inden tersebut. Yaitu dengan memanfaatkan kerja sama aliansi.

Mitsubishi Motors kemudian mengumumkan bahwa Nissan yang sudah menjadi satu aliansi dengan produsen berlogo tiga berlian ini akan memproduksi mesin Xpander secara lokal. Jika mesin Xpander dibuat di pabrik Nissan Indonesia maka akan meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal dari 71 persen menjadi 80 persen. Untuk diketahui, pabrik Nissan Indonesia mempunyai kemampuan memproduksi 160.000 unit mesin per tahunnya.

render lmpv nissan kembaran xpander
render lmpv nissan kembaran xpander

Lokalisasi mesin ini nantinya tentu bisa menurunkan biaya produksi mesin. Namun entah apakah ini akan berpotensi untuk menurunkan harga jualnya. MMKSI belum mau mengkonfirmasi hal ini. Yang jelas, ini dilakukan untuk mempercepat inden Xpander ke konsumen.

Sebenarnya, Nissan mempunyai rencana lain dibalik lokalisasi mesin Xpander. Mereka akan membawa kembaran LMPV andalan Mitsubishi tersebut tahun depan. Tetapi masih belum bisa dipastikan. Jika low MPV Nissan kembaran Xpander ini benar-benar dilahirkan, maka Xpander akan punya saingan dari aliansinya sendiri.

 

Be the first to comment

Leave a Reply