Penjualan Cross Terus Menurun, Bagaimana Datsun?


ktm indonesia

(Foto: drive.ru)

RiderTua Mobil – Sudah sekitar 8 bulan sejak peluncuran Datsun Cross. Crossover dari Datsun ini diandalkan untuk meningkatkan penjualan setelah Go+ dan Go Panca. Cross menjadi mobil matik Datsun pertama di Indonesia. Namun sayang Penjualan Cross terus menurun, bagaimana Datsun?

Baca juga: Datsun Cross Fitur, Harga Dan Pilihan Warna
(Foto: AutoBuzz.my)

Hanya Permulaan?

Namun setelah melewati 8 bulan tersebut, penjualan Datsun Cross mengalami naik-turun. Dimulai pada bulan Maret dimana penjualannya mencapai 2.223 unit. Tetapi setelahnya terus anjlok, di bulan April hanya terjual 13 unit, Mei 7 unit, Juni 5 unit, Juli 8 unit, dan Agustus 17 unit.

Jika ditotal, maka penjualan Datsun Cross hanya mencapai 2.263 unit saja. Memang angka yang kecil mengingat Cross masih terbilang mobil baru. Lalu bagaimana Datsun menanggapi hal ini?

Ketika ditanyai perihal masalah ini, Datsun mengatakan bahwa mereka tak mau ambil pusing atau dalam arti lain tak terlalu mempermasalahkannya. Karena Cross masih berstatus mobil baru, jadi wajar kalau pada penjualan di bulan-bulan pertama sedikit. Semua butuh waktu dan proses agar konsumen mau menerima Cross.

(Foto: datsun)

Selain itu, persaingan yang cukup ketat juga menjadi penyebabnya. Walau segmen crossover tidak seketat MPV atau SUV yang mana menjadi segmen favorit konsumen Indonesia, tetapi sepertinya para rivalnya tak memberi ruang bagi Cross untuk bersaing. Namun lagi-lagi Datsun tak mau terlalu mempermasalahkannya.

Datsun kembali berbisnis di Indonesia pada tahun 2014, setelah beberapa tahun sebelumnya keberadaan Datsun sempat ‘menghilang’ dari pasar otomotif Indonesia. Entah apa penyebabnya. Datsun kini dihadirkan kembali dan sudah ‘satu atap’ dengan Nissan Motor Indonesia (NMI).

 

Be the first to comment

Leave a Reply