Daftar Mobil Terlaris di Jepang, Mobil Boxy Jadi Favorit


ktm indonesia

RiderTua Mobil – Jika membicarakan mobil jenis apa yang paling difavoritkan di Indonesia, pasti jawabannya MPV (Multi-Purpose Vehicle) atau LCGC (Low-Cost Green Car). Hal ini karena memiliki keunggulan yang mungkin tidak dimiliki mobil jenis lainnya. Seperti memiliki kapasitas kabin dan bagasi yang besar. Dan yang paling penting harganya sangat terjangkau. Bagaimana dengan Jepang yang notabene adalah raksasanya industri otomotif ? Daftar mobil terlaris di Jepang, mobil boxy jadi favorit.

Baca juga: Kei Car ABC Yang “Kecil-Kecil Cabe Rawit” Asal Jepang
suzuki spacia
( Foto: YouTube) suzuki spacia

N-BOX dan Spacia

Ternyata jenis mobil favorit di Jepang adalah mobil dengan model boxy. Memang tak hanya mobil ‘kotak’ yang digemari oleh konsumen Jepang, ada juga kei car (mobil mungil). Mobil Kei Car disana sangat populer dengan penjualan yang terus meningkat.

Penjualan mobil boxy di Negeri Sakura ini cukup tinggi, sehingga produsen mobil Jepang berlomba-lomba memproduksinya dengan menawarkan berbagai keunggulan fitur. Walau sebenarnya mobil boxy juga menghadapi persaingan yang cukup sengit dengan mobil jenis lainnya, seperti SUV, city car, atau kei car.

Dari hasil penjualan mobil di Jepang pada semester pertama tahun 2018 ini, Honda N-BOX menjadi mobil terlaris. Tak main-main, mobil ini terjual hingga 162.725 unit. Sementara itu, Suzuki Spacia berada di posisi kedua dengan mencatatkan penjualan 102.535 unit. Setelahnya, mobil dari peringkat tiga sampai sepuluh penjualannya tidak sampai 100 ribu unit. Inilah daftar lengkapnya:

  1. Honda N-BOX: 162.725 unit
  2. Suzuki Spacia: 102.535 unit
  3. Nissan Note: 95.283 unit
  4. Nissan Dayz: 93.477 unit
  5. Daihatsu Move: 92.269 unit
  6. Daihatsu Tanto: 92.234 unit
  7. Toyota Aqua: 86.887 unit
  8. Toyota Prius: 81.283 unit
  9. Suzuki Wagon R: 77.538 unit
  10. Nissan Serena: 71.381 unit

Keadaan sebaliknya terjadi di Indonesia, dimana mobil boxy tidak diminati lagi. Keberadaan jenis mobil ini sudah tergeser oleh MPV, LCGC, dan SUV. Akibatnya satu persatu mobil sudah tidak diproduksi lagi. Meskipun masih ada yang tetap bertahan ditengah gempuran mobil dari segmen lain.

1 Comment

Leave a Reply