Perjudian Ban Belakang Kunci Sukses Marc Marquez di Aragon



Perjudian Ban Belakang Kunci Sukses Marc Marquez di Aragon
RiderTua MotoGP – Perjudian ban belakang kunci sukses Marc Marquez di Aragon. Dibalik kesuksesan seorang pembalap tentunya ada strategi tersembunyi disana. Kenapa tersembunyi ? ternyata pemilihan ban Marquez tidak diketahui hingga balapan dimulai. Artinya antara data yang masuk ke supplier ban Michelin sudah tidak sama lagi ( lihat gambar bawah).  Mereka menamai “Strategi Ban yang Agresif” di MotoGP Aragon.
Saat berada di grid start motor nomor 93 masih memakai ban belakang dengan kompon keras ( hard). Namun pada menit terakhir, Marc Marquez memutuskan untuk beralih ke kompon lembut (soft). Dan keputusan ini terbukti benar.

“Saya mengambil risiko di mana saya memilih ban belakang lunak. Ban belakang yang keras memang membuat saya merasa OK saja selama akhir pekan tetapi tidak terlalu baik. Kadang-kadang saya memilih ban keras untuk bermain aman, hari ini saya memilih risikonya.” Kata Marquez seperti dilansir speedweek.com(26/09/18)..

Terbukti dengan perjudian ban itu pada akhir 23 lap, Marquez melintasi garis finish 0,648 detik di depan Andrea Dovizioso dan lebih dari satu detik dari Andrea Iannone.

Sepertinya Marc tahu dia bisa menang dengan ban soft dan dia mengganti ban belakang pada saat-saat terakhir. Dia membuat keputusan sendiri. Itu risiko, tapi dia pikir dia bisa melakukannya dengan baik dengan spesifikasi ban soft/ lembut. Dia tetap berada di grup utama dengan Dovizioso dan dua Suzuki. Sementara Dani memiliki masalah dengan ban belakang dengan ban hard/keras . Bukti bahwa Marc memilih ban yang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply