BMW Pamer Motor yang Dibuat dari Printer 3D


ktm indonesia

(Foto: New Atlas)

RiderTua Motor – Keberadaan printer 3D semakin populer di bidang otomotif. Untuk bidang otomotif, peran piranti satu ini memang terus dikembangkan. Tak hanya membuat komponen kendaraan saja tapi saat ini printer 3D bisa membuat bodi kendaraan secara utuh. BMW pamer motor yang dibuat dari printer 3D di sebuah ajang di Mallorca minggu ini.

Baca juga: Mobil Listrik Hasil Cetak 3D Ini Diproduksi Massal
(Foto: 3-ddd.com)

Menghemat Waktu dan Mempermudah Pengerjaan

Printer 3D tidak hanya diaplikasikan pada mobil saja. BMW punya terobosan baru, yaitu mengaplikasikan printer 3D pada motor. BMW memperlihatkan frame dan swingarm yang dibuat dengan printer 3D. Pengerjaan itu dilakukan di Marseille beberapa hari yang lalu.

Semisal untuk membuat 3 part BMW S1000RR, setidaknya dibutuhkan sekitar 50 micron layers. Dimana printer 3D ini bisa menghasilkan rails dan headstock secara bersamaan yang kemudian disatukan dengan cara dilas.

Menggunakan printer 3D untuk memproduksi kendaraan punya beberapa keuntungan. Salah satunya yaitu mempermudah proses produksi. Printer 3D ini bisa disetel dan disesuaikan dengan bentuk yang kita inginkan. Bahkan bisa juga untuk membuat desain yang unik atau bentuk yang sulit yang tidak bisa dibuat secara manual.

(foto: MCNews)

Kelebihan yang lain yaitu menghemat waktu pengerjaan. Selain itu Printer 3D juga bisa untuk membuat komponen-komponen kendaraan lama. Namun ada kelebihan tentu ada kekurangan. Kekurangannya hanya satu biaya produksinya mahal banget. Pihak BMW belum mau berkomentar mengenai biaya produksi motor ini. Namun bocorannya, hanya untuk frame saja BMW sudah menggunakan alat seharga 1 juta Poundsterling.

Be the first to comment

Leave a Reply