BMW Bikin Motor Otonom Tanpa Pengendara


ktm indonesia

(Foto: Commerse-moto.ch)

RiderTua Motor – Mobil otonom tanpa sopir itu sudah biasa. Bagaimana kalau motor tanpa pengendara ?Apa motor enggak ambruk alias jatuh ?Mobil sama motor kan beda, mobil meski tak ada pengemudi tetap berdiri lha motor kalau berdiri sendiri kan harus ada keseimbangan biar enggak jatuh. Eits, itu sudah kuno. BMW bikin motor otonom tanpa pengendara.

Baca juga: Mobil Balap Tanpa Pengemudi Unjuk Gigi di Goodwood
(Foto: Oto Detik)

BMW R1200GS

BMW Motorrad saat ini sedang mengembangkan sebuah teknologi dimana motor bisa berjalan sendiri tanpa adanya pengendara. Terinspirasi dari mobil otonom, BMW berpikir bahwa motor juga perlu teknologi otonom seperti mobil. BMW pun membekali R1200GS dengan teknologi otonom tersebut. Dan hasilnya sebuah motor tanpa pengendara berhasil diwujudkan. BMW telah melakukan pengujian terhadap motor otonom itu di Marseille Prancis.

Dalam pengujian, test rider menunggangi motor tersebut kemudian saat motor sudah berada di lintasan, sang rider turun dari motor. Tak hanya bisa berjalan sendiri namun motor tanpa pengendara ini mampu bermanufer dengan lincah. Ketika motor akan berhenti, maka secara otomatis standar alias jagang akan keluar sendiri. Hebatnya, saat motor benar-benar berhenti motor enggak jatuh.

(Foto: otomania.gridoto.com)

BMW R1200GS bermesin 1.200cc ini dibekali input pada steering actuator motor, kopling, gas dan gigi serta sebuah standar otomatis. Sedangkan boks yang berada di kiri dan kanan motor digunakan untuk meletakkan komputer, GPS unit dan sensor. Piranti-piranti inilah yang mengendalikan motor agar bisa berjalan sekaligus mengawasi lingkungan sekitar jadi motor melaju enggak sembarangan.

 

1 Comment

Leave a Reply