Rupiah Anjlok RI Stop Impor Mobil Diatas 3.000cc


ktm indonesia

Lamborghini Huracan Performante yang dipajang di acara ini

RiderTua Mobil – Rupiah lagi bernasib apes. Dalam beberapa hari ini nilai tukar rupiah terhadap dolar kian miris. Kemarin bahkan sempat tembus hingga Rp 15.000 per dolar, namun pada penutupan sore hari terpantau Rp 14.900-an lebih. Ada imbas yang harus ditembus gara-gara rupiah terjun bebas ini. Rupiah Anjlok RI Stop Impor Mobil Diatas 3.000cc..

Baca juga: Dolar Terus Ngamuk Pemerintah Kurangi Impor CBU
BMW Akan Meluncurkan 10 Model Terbarunya Tahun Depan
bmw x4 2018

Menperin Bertindak

Hal ini langsung disampaikan oleh Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian RI. Beliau menjelaskan bahwa impor mobil diatas 3.000cc akan dibatasi lalu kemudian akan dihentikan untuk sementara waktu. Hal ini juga pernah disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa hari yang lalu.

Mobil dengan kapasitas segitu, tentu saja mobil-mobil premium dengan harga mahal karena harus mengimpor dari luar negeri. Sebut saja dari trah BMW ada X4, X5, X6, X5 M, X5 Xdrive. Dari klan Lexus ada RX 300, RX 350 dan LX 570. Kemudian ada Audi Q7, Land Cruiser 200, Land Cruiser 70, Mazda CX-9 dan VW Touareg. Mobil-mobil ini yang terdaftar di Gaikindo (gabungan industri kendaraan bermotor Indonesia).

Mobil-mobil super berkapasitas besar yang tidak terdata Gaikindo juga sangat banyak. Karena kebanyakan mobil-mobil ini didatangkan oleh importir umum seperti Ferrari, Lamborghini, Bugatti, Aston Martin atau yang lainnya.

Pihak Importir Mengeluh

Kebijakan yang ditempuh pemerintah ini tentu saja mengundang reaksi dari para importir mobil-mobil mewah seperti PT. Prestige Image Motorcars. Rudy Salim selaku Presdirnya mengungkapkan keberatannya. Menurutnya kalau nanti aturan tersebut berlaku justru malah membuat peluang semakin besar kemungkinan orang Indonesia membeli mobil-mobil mewah berharga miliaran rupiah di luar negeri. Hal ini jelas lebih merugikan Indonesia. Padahal keberadaan mobil-mobil mewah ini menandakan bahwa Indonesia tak ketingggalan dari negara lain.

Be the first to comment

Leave a Reply