Sejarah Toyota, Dari Industri Tekstil Sampai Jadi Merek Mobil Ternama



(Foto: OtoDriver)

RiderTua Mobil – Apa yang terlintas dibenak anda jika mendengar merek Toyota ? Merek mobil asal Jepang yang satu ini seakan menjadi ‘raja’ pasar otomotif global. Karena hampir di berbagai negara di belahan bumi manapun, kita bisa menemukan merek mobil ini. Sejarah Toyota, dari industri tekstil sampai jadi merek mobil ternama.

Baca juga:  Sejarah Kijang Mobil ‘Legend’ dari Toyota
(Foto: Putra Melayu) mesis tenun Toyoda-jidoka

Sejarah Toyota, Dari Industri Tekstil Sampai Jadi Merek Mobil Ternama

Pada tanggal 27 Agustus kemarin, tepat 81 tahun sejak Toyota Motor didirikan setelah memisahkan diri dari perusahaan induk Toyoda. Perusahaan tersebut dulunya merupakan produsen alat tekstil seperti alat menenun. Lalu seperti apa seluk beluk dibalik sejarah Toyota ini hingga sampai menjadi produsen mobil penumpang?

Bermula saat pendiri perusahaan bernama Sakichi Toyoda menemukan penemuan mesin tenun. Ia kemudian mengembangkannya menjadi industri dan mematenkan penemuannya tersebut. Dari usahanya tersebut ditemukanlah mesin Jidoka yang bisa berhenti dengan sendirinya ketika terjadi gangguan teknis. Selain Jidoka, mesin lainnya ikut dikembangkan.

Kiichiri Toyoda kemudian meneruskan usaha ayahnya dan terus melakukan inovasi. Dan di tahun 1933 berdirilah Toyota Motor Corporation sebagai divisi mobil industri tenun Toyoda. Nama Toyota dipilih karena menurutnya nama Toyoda terlalu kaku dalam bisnis otomotif. 27 Agustus 1937, divisi ini resmi memisahkan diri dari Toyoda dan fokus untuk mengembangkan mobil. Hanya berselang 3 tahun yaitu tepatnya di tahun 1940, Toyota telah berhasil menjual 100 ribu kendaraan.

Selain mobil, Toyota juga mengembangkan inovasi untuk menciptakan truk. Mungkin kini dikenal sebagai Hino. Lalu Toyota mengembangkan Land Cruiser yang bisa menyaingi Jeep pada tahun 1950-an. Bisnis mereka sudah merambah ke penjuru negara, termasuk Indonesia. Pada 29 Mei 1996 Toyota mendirikan pabrik yang diberi nama Toyota Motor Manufacturing Indonesia didirikan di Karawang, dengan mobil MPV legendaris Kijang (Kerjasama Indonesia-Jepang).

(Foto: suara.com) kiichiri toyoda banting setir dari membuat mesin tenun ke membuat mobil

Be the first to comment

Leave a Reply