Antara Mobil Manual dan Matik, Mana yang Lebih Hemat BBM ?


ktm indonesia

(Foto: OtoSpector)

RiderTua Mobil – Dalam membeli mobil, yang menjadi pertimbangan konsumen yaitu  model, fitur, bentuk desain, performa mesin, dan tak lupa harganya. Pertimbangan harga menjadi penentu seseorang dalam memilih mobil. Emang tidak semua orang sih. Meskipun begitu, performa konsumsi bahan bakar pada mesin juga ikut dipertimbangkan. Antara mobil manual dan matik, mana yang lebih hemat BBM.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Mobil Matik Laris Manis dari Mobil Manual
Antara Mobil Manual dan Matik, Mana yang Lebih Hemat BBM ?

Ada dua tipe mobil, yaitu manual dan matik. Ketika membahas tentang mana yang paling hemat, ada yang mengatakan bahwa mobil matik paling boros. Emang bener ?

Sebenarnya anggapan tersebut tak sepenuhnya benar untuk zaman sekarang. Karena hampir semua jenis mobil sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang bisa menghemat pengunaan BBM pada mobil matik layaknya mobil manual. Salah satu teknologinya yaitu CVT (Continuosly Variable Transmission).

Cara pengoperasiannya masih sama walau cara kerja transmisi CVT berbeda dengan transmisi otomatis lainnya. Hanya tinggal injak gas dan pindah tuas transmisi ke posisi D (Drive), mobil sudah jalan. Yang membedakannya dengan transmisi otomatis lainnya atau manual yaitu CVT bisa terus mengubah rasio roda gigi. Ini dilakukan agar efisiensi bahan bakar tetap terjaga. Sementara baik transmisi otomatis maupun manual, perangkat giginya sudah tetap tak bisa diubah-ubah.

Pabrikan mobil memang punya cara tersendiri agar bisa menghasilkan mobil matik yang hemat BBM. Yaitu dengan memadukan berbagai teknologi yang ada. Tapi terlepas dari hal itu, semua tergantung pada perawatan mesin serta cara driver mengemudi. Manual jika main di rpm tinggi terus bisa lebih boros, atau gaya ala pembalap. Hal ini berlaku juga di roda dua..

 

Be the first to comment

Leave a Reply