Suzuki Masih Impor Mobil Walau Bisa Produksi Sendiri


ktm indonesia

booth suzuki
(Foto: CNN Indonesia) booth suzuki

RiderTua Mobil – Selama periode semester pertama tahun 2018, ekspor mobil yang dilakukan Suzuki sudah meningkat 11 persen. Dari sebelumnya di tahun 2017 mencapai 28.251 unit kini menjadi 31.759 unit. Tetapi ternyata angka impor juga ikut naik, bahkan melebihi 10 ribu unit. Suzuki masih impor mobil walau bisa produksi sendiri..

Baca juga: Komparasi Wajah Suzuki Bandit, Honda CB150 dan Yamaha Vixion.. Ganteng Yang Mana ?
suzuki ignis two tone colour
suzuki ignis two tone colour

Permintaan Banyak

Tercatat pada periode tersebut, impor mobil yang dilakukan Suzuki mencapai 15.353 unit. Sebelumnya di periode yang sama pada tahun 2017 lalu hanya 9.935 unit saja. Lalu kenapa bisa meningkat drastis?

Padahal selama ini Suzuki merakit mobil di 2 pabrik produksinya yaitu di Cakung dan Cikarang. Memang ada beberapa model yang didatangkan langsung dari India, seperti Baleno Hatchback, Ignis, dan SX4 S-Cross. Sementara Ertiga, APV, dan mobil lainnya diproduksi dalam negeri.

Suzuki New SX4 S-Cross Facelift Bakal Meluncur 11 November 2017

Ketika ditanyai soal ini, Ryohei Uchiki selaku General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menjelaskan bahwa tim pemasaran sedang melakukan kajian. Seperti mempelajari dampak dan faktor lainnya sebelum merakit mobil baru di Indonesia. Walaupun belum ada rencana konkret, potensi untuk diproduksi di Tanah Air cukup positif.

Suzuki Indonesia akan mengusahakan agar bisa memproduksi Ignis di dalam negeri. Memang jika dilihat penjualan model ini di segmen city car sangat bagus, bahkan menjadi raja segmen tersebut. Apalagi peminatnya cukup banyak. Tetapi untuk saat ini Ignis akan diimpor dari Maruti Suzuki terlebih dahulu. Entah apa ini bisa terwujud atau tidak.

Be the first to comment

Leave a Reply